2 Hal Yang Sebaiknya Anda Hindari Bila Beli Genset Rumah

genset rumah

Generator set atau genset memiliki banyak kegunaan. Mulai untuk listrik rumah, listrik konser atau acara lain, hingga listrik untuk pertokoan atau perkantoran. Pada dasarnya, genset adalah sumber tenaga listrik. Dengan begitu, genset bisa digunakan untuk menghidupkan semua alat elektronik yang biasanya digunakan listrik PLN. Tentu saja sesuai dengan tegangan yang disediakan oleh jenis genset itu sendiri.

Genset memiliki berbagai jenis. Jenisnya juga bisa dilihat dari tenaga yang dihasilkan genset tersebut. Semakin tinggi daya yang dihasilkan bisa berpengaruh ke harga dari genset itu sendiri. Tinggi rendahnya daya listrik yang dihasilkan genset itu sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda sebagai pembeli. Jika anda membutuhkan genset untuk menyalakan alat elektronik dengan daya yang tinggi maka anda perlu genset yang bisa menghasilkan daya yang tinggi pula.

Memilih Genset untuk Keperluan Rumah

Jika anda memerlukan genset untuk keperluan mengganti listrik PLN di rumah, genset murah yang sudah bisa didapatkan cukup dengan harga sekitar satu sampai empat jutaan saja. Meskipun anda sudah mengerti bahwa anda ingin membeli genset untuk perluan rumahan saja, tapi anda juga masih memiliki banyak pertimbangan lagi. Hal ini karena memang listrik rumah cenderung kompleks. Ada banyak alat elektronik di rumah, jadi anda harus menyesuaikan alat listrik apa saja di rumah anda yang ingin anda nyalakan dengan menggunakan genset

Jangan Lebih dari 1000 Watt

Genset untuk keperluan rumah biasanya digunakan sebagai cadangan dari listrik yang telah dialirkan PLN. Jadi, likstrik dari genset hanya digunakan saat mati listrik saja. Biasanya, penggunaan untuk yang seperti inipun terbatas pada untuk penerangan saja. Jadi, hanya untuk menyalakan lampu.

Jika anda hendak membeli genset untuk keperluan seperti ini, anda bisa memilih genset dengan daya yang rendah saja. Genset dengan daya sekitar 800 watt saja sebenarnya sudah cukup untuk digunakan sebagai penerangan. Tentu saja tergantung pada sebanyak apa dan tegangan berapa lampu yang ingin anda gunakan. Tapi umumnya, untuk keperluan ini anda bisa menggunakan genset dengan daya 800-1000 watt saja.

Jangan Beli Genset Rumah Hingga 5 Jutaan

Genset dengan daya sebesar itu bisa didapatkan dengan harga sekitar dua jutaan hingga empat jutaan. Honda HL-1500 LX misalnya dengan daya 1000 watt bisa didapatkan dengan harga dua juta dua ratus ribuan.

Dengan daya sekitar seribu watt tersebut sebenarnya sudah bisa untuk penerangan dan bisa juga untuk mengisi daya alat elektronik seperti hp, laptop, dan sebagainya. Dengan begitu, sebenarnya genset seperti itu sudah bisa dibilang cukup unutk genset rumahan.

Pilih Genset Rumah Sesuai Kebutuhan

Penggunaan ini memang masih terbilang terbatas. Kemungkinan, genset sekitar 1000 watt ini tidak akan kuat jika harus menyalakan televisi apalagi lemari es, mesin cuci dan sebagainya. Dengan banyaknya penggunaan alat elektronik yang membutuhkan listrik yang besar tersebut membuat genset tidak akan sanggup. Jika anda ingin menggunakan genset untuk alat elektronik dengan daya besar seperti itu, maka anda juga harus membeli genset dengan daya yang lebih besar yang berarti juga harganya lebih mahal. Akan tetapi, tentu saja ini menjadi sepadan dengan penggunaannya.

Jika ingin menggunakan untuk cukup banyak alat elektronik, genset dengan daya sekitar 5000 watt bisa menjadi pilihan. Harga genset dengan daya sebesar ini agak mahal, bisa lebih dari lima jutaan. Misalnya Honda HL-9000 LX dengan daya 5500 watt 7 jutaan. Itulah cara memilih genset yang cocok untuk rumahan. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Write a Reply or Comment