3 Hal Misterius Yang Sering Terjadi Tiba-Tiba Pada Genset

mitos genset
ilustrasi

Walaupun ada, akan tetapi secara mayoritas yang sangat benar-benar besar, listrik menjadi satu kebutuhan yang sangat mutlak bagi banyak orang di seluruh dunia. Hal itu dikarenakan banyaknya peralatan elektronik yang tentunya membutuhkan daya listrik agar dapat dioperasikan. Terlebih lagi di zaman teknologi digital seperti sekarang, listrik seakan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia.

Hanya saja, walaupun sangat dibutuhkan, akan tetapi terkadang ada saja waktu di mana pihak penyedia, dalam hal ini jika di Indonesia adalah PLN, harus menutup aliran listrik untuk suatu daerah dikarenakan dibagi ke tempat lain atau juga ketika sedang dilakukannya maintenance. Dengan ditutupnya aliran listrik tersebut, maka secara otomatis akan terjadi pemadaman total untuk suatu wilayah.

Oleh karenanya, di saat seperti itu, agar aktivitas tetap berjalan lancar, maka satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghidupkan mesin genset. Walaupun berisik dan juga menimbulkan polusi udara serta suara, akan tetapi genset merupakan penolong yang sangat tepat ketika sedang terjadi pemadaman.

Hanya saja, terkadang ada orang-orang yang abai terhadap mesin gensetnya dan akhirnya membuat mesin ini mengalami kerusakan mulai dari yang minor sampai dengan yang fatal. Nah, berikut ini adalah beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada mesin genset.

Genset tidak dapat dihidupkan

Seperti halnya barang-barang buatan manusia lainnya, sebagus apa mesin genset, mulai dari pabrikan biasa sampai terkenal, seperti genset Cummins, genset Perkins, genset Lovol, genset Yanmar sampai dengan genset Foton, tetap saja dapat mengalami kerusakan dengan tanda mesin tidak dapat dihidupkan. Memang ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebabnya, akan tetapi ketika sebuah genset tidak dapat dihidupkan, maka salah satu hal yang paling umum menjadi biangnya adalah sudah melemahnya baterai yang digunakan atau juga sudah dalam keadaan mati tanpa daya. Selain itu, ada pula yang menjadi penyebab tidak dapat dihidupkannya sebuah genset, yaitu dikarenakan kawat penghubung sedang kendor atau juga putus. Oleh karenanya, selain mengganti baterai, periksa juga apakah kawat yang berada di dalam genset tersebut masih dalam keadaan bagus atau sudah waktunya diganti juga.

Genset menyala tapi kemudian mendadak mati

Ada kalanya genset bisa digunakan dengan normal namun kemudian mati mendadak padahal bahan bakarnya baru saja diisi. Ada beberapa penyebab dari kerusakan semacam ini misalnya saja menumpuknya air yang berasal dari sisa pembakaran. Untuk mengatasi hal ini, cukup dengan mengosongkan air dan udara yang berada pada pipa. Atau penyebab lainnya bisa juga dikarenakan adanya sumbatan pada bagian lubang ventilasi. Biasanya jika bagian dalam genset terlalu lama tidak dibersihkan maka akan muncul kerak dari sisa bahan bakar yang akhirnya bisa menyebabkan sumbatan. Untuk mengatasinya tinggal dibersihkan sumbatan tersebut sehingga ventilasinya bisa berfungsi dengan normal kembali.

Genset menyala namun tidak bisa menghasilkan arus listrik

Hal lain yang juga sering dialami oleh genset adalah bisa menyala namun ternyata tidak terjadi proses pembakaran bensin atau solar sehingga energi listrik pun tidak dihasilkan. Nah, hal ini umumnya disebabkan karena adanya bagian dari pompa yang sudah aus sehingga mesin genset tidak bekerja. Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti bagian pipa yang aus. Sparepart genset bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko mesin atau dengan menghubungi distributor tempat Anda membeli genset tersebut. Pastikan membeli sparepart asli supaya kinerja genset tetap prima.

Write a Reply or Comment