4 Hal Ini Penting Diperhatikan Oleh Pengguna Genset

panduan menggunakan genset

Genset memang menjadi salah satu peralatan terpenting yang perlu dimiliki terutama oleh Anda yang punya bisnis atau bekerja di bidang industri. Saat terjadi pemadaman listrik, seluruh aktivitas bisa lumpuh tanpa adanya genset. Saat ini ada banyak sekali tempat yang jual genset berkualitas seperti genset Lovol atau genset Yanmar yang bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan budget. Tapi untuk Anda yang memiliki genset, perlu memperhatikan beberapa hal yang terkesan sepele ini namun sebenarnya sangat penting:

Jeli pilih genset murah, sebab beresiko merusak perangkat elektronik Anda

Komputer, TV, dan banyak peralatan modern lainnya mengandung sistem elektronik sensitif yang dapat rusak oleh daya yang dihasilkan oleh genset yang lebih murah. Genset tipe inverter menyediakan daya terbersih tetapi sangat mahal, terutama dalam ukuran yang cukup besar untuk memberi daya pada rumah. Tetapi dengan sedikit tambahan uang, Anda dapat membeli genset dengan pengkondisian daya yang memberikan daya lebih bersih. Total Harmonic Distortion (THD) adalah cara untuk mengukur kualitas listrik dari genset. Cari genset dengan THD kurang dari 5 persen untuk mengoperasikan sebagian besar elektronik dengan aman.

Pertimbangkan genset silent

Salah satu kekurangan dari genset portabel adalah kebisingan yang cukup mengganggu aktivitas, terlebih jika genset diletakkan di tengah pemukiman. Anda bisa memilih genset silent untuk mendapatkan ketenangan yang lebih  baik, tetapi perlu diingat bahwa jenis genset ini kurang cocok untuk industri. Jadi jika Anda memang ingin memakai untuk skala kecil, genset silent bisa jadi pilihan namun untuk industri sebaiknya lebih fokus memilih genset yang berdaya besar meski mengeluarkan suara bising.

Ketahui cara tepat mengukur kebutuhan genset

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli genset adalah memutuskan perangkat apa saja yang akan Anda butuhkan untuk tetap menyala ketika listrik padam. Hal ini akan menentukan ukuran (watt) genset yang Anda butuhkan. Cari label pada setiap alat yang berisi informasi seperti watt, nomor model, dan tahun pembuatannya. Beberapa label terletak di bagian depan, dan yang lainnya ada yang dibelakang atau bawah suatau perangkat. Tuliskan item yang Anda butuhkan dan berapa watt yang diperlukannya untuk bisa menyala. Pastikan untuk memasukkan barang-barang penting di dalam daftar, seperti lemari es, pompa sumur, atau pemanas ruangan jika Anda memilikinya. Untuk peralatan lain yang tidak terlalu penting seperti televisi atau AC sebaiknya dibiarkan tetap mati karena daya yang  mereka butuhkan untuk bisa menyala juga cukup besar.

Selalu sediakan cadangan bahan bakar, oli, dan filter

Sebagian besar genset baru membutuhkan penggantian oli pertama setelah penggunaan 25 jam. Setelah itu, Anda perlu membuang oli dan mengisi ulang setiap 50 atau 60 jam. Jadi, Anda perlu menyimpan cukup banyak oli dan filter pabrik untuk bertahan beberapa hari dalam kondisi darurat. Pastikan juga untuk selalu menyediakan cadangan bahan bakar untuk kondisi tak terduga. Bisa saja terjadi kelangkaan atau bencana alam yangmembuat Anda jadi tak bisa menggunakan genset. Namun ingat, bahan bakar dan oli sebaiknya disimpan berjauhan dari genset karena akan sangat  berbahaya dan bisa memicu terjadinya kebakaran. Nah, Anda sudah tahu kan hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memiliki genset? Pastikan juga lakukan perawatan genset secara teratur untuk menjaga kondisinya agar tetap prima

Write a Reply or Comment