4 Hal Penting yang Perlu Diketahui Pengguna Genset Pemula

Seperti yang diketahui kehadiran genset memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hidup di kota besar. Ya,karena tenaga dari genset bisa menjadi alternatif pengganti listrik ketika sedang padam.

Dengan begitu aktivitas Anda tidak perlu terhambat hanya karena listrik yang padam. Nah, bagi Anda yang mungkin masih sebagai pemakai genset pemula, sekedar membeli tanpa tahu apa yang harus diperhatikan hanya akan sia-sia. Sebagai pengguna genset pemula, Anda harus perhatikan 5 hal penting berikut.

  • Memeriksa Bahan Bakar

Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa ketersediaan bahan bakar yang akan digunakan untuk menyalakan genset.

Jangan sampai ketika Anda akan menyalakan genset ternyata bahan bakarnya kurang. Bahan bakar genset sendiri ada beberapa macam. Pilihlah bahan bakar yang mudah ditemukan, seperti bensin misalnya.

  • Memeriksa Air Aki

Untuk melakukan pengecekan pada aki, Anda bisa dengan start langsung, apabila aki masih dalam keadaan baik, maka sontak mesin akan menyala. Tapi, jika beberapa kali ditekan tetapi tidak terjadi aktivitas mesin maka bisa jadi aki dalam keadaan kurang baik.

Lakukan pengecekan pada aki secara berkala dan beberapa konektor yang terhubung langsung dengan pembangkit mesin untuk memicu pergerakkan. Apabila tidak ada masalah dengan konektor dan kabel maka ganti aki Anda.

  • Memanaskan Genset


Mirip seperti sebuah kendaraan, untuk menyalakan genset juga harus dipanaskan lebih dulu. Panaskan genset selama kurang lebih 5-10 menit. Hal ini penting untuk dilakukan supaya putaran sistem kerja mesin lebih stabil karena semua komponen dan pelumas sudah bekerja dengan sempurna.

Setelah itu, Anda bisa menambahkan beban dengan menghidupkan panel yang ada secara berurutan satu-persatu.

  • Mematikan Genset

Sebagai pemula awam yang baru mengetahui tentang genset untuk menyalakan dan mematikan genset juga harus mengetahui cara-caranya.

Nah, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan ketika mematikan genset:

  1. Pada step awal, jangan Anda langsung mematikan mesin genset, tapi turunkan lebih dulu breaker genset dan diamkan selama 5 menit supaya mesin lebih dingin.
  2. Baru kemudian setelah itu matikan mesin genset
  3. Apabila Anda sembarang mematikan genset, hal tersebut akan menyebabkan AVR pada genset menjadi cepat rusak.

Write a Reply or Comment