4 Tips Ini Perlu Anda Lakukan Untuk Hindari Bahaya Genset

dampak bahaya genset yang harus dihindari

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya genset.Genset sendiri merupakan generator set yang merupakan sebuah mesin untuk menghasilkan energi listrik. Genset ini banyak digunakan untuk menggantikanenergi listrik di saat terjadi pemadaman. Dengan adanya genset, maka aktivitas sehari-hari bisa tetap berjalan dengan lancar apalagi kalau Anda banyakberaktivitas dengan alat elektronik dan mesin yang terhubung dengan listrik.

Nah, di Indonesia sendiri mudah sekali menemukan tempat yang jual genset dengan berbagai merek dan harga genset yang murah. Apabila Anda ingin mendapatkan genset berkualitas, maka perlu juga memilih distributor yang handal seperti ABC Power. Distributor satu ini jual genset silent dan berbagai jenis genset lainnya dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin. Setelah Andamembeli genset, penting sekali untuk memperhatikan perawatannya dengan baik.Hal tersebut tak cuma bisa memperpanjang usia genset, tapi juga akan menghindarkan genset Anda dari masalah.

Anda yang memiliki genset juga wajib mengetahui apa saja tips yang perlu dilakukan dalam menghindari bahaya dan musibah dari gensetseperti berikut ini:

Operasikan genset sesuai dengan kapasitasnya

Hal pertama yang sangat perlu diperhatikan saat menggunakan genset adalah menyesuaikan kapasitasnya dengan beban yang diberikan. Jangan menyalakan alat atau mesin berlebihan yang membuat genset bekerja ekstra. Meski bisa dilakukan, namun jika terus menerus dalam kondisi semacam itu, genset bisaterlalu panas dan mengalami ledakan yang memicu terjadinya kebakaran. Kalau memang Anda membutuhkan energi yang sangat besar untuk menyalakan mesin ataualat elektronik dalam jumlah  banyak,maka beli juga genset dengan kapasitas besar. Harga sudah pasti akan lebih mahal, tapi yang terpenting keselamatan bisa tetap terjaga dengan baik.

Letakkan genset di ruang terbuka

Hasil pembakaran pada genset menghasilkan karbon monoksida seperti halnya pada knalpot kendaraan. Karbon monoksida ini jika dihirup secara berlebihan bisa sangat berbahaya dan menyebabkan keracunan darah, bahkan jugakematian. Itulah mengapa Anda sebaiknya tidak menggunakan genset di dalam ruangan atau terlalu dekat dengan pemukiman. Letakkan genset di tempat yang aman dan terbuka, di mana aliran udara lebih bebas. Karbon monoksida sebaiknya segera dibuang di tempat yang banyak udara segar sehingga tidak sampai terhirup manusia dan menyebabkan keracunan. Kalau terpaksa meletakkan genset di dalamruangan, maka pastikan ruangan tersebut tidak digunakan untuk beraktivitas dan harus memiliki banyak jendela serta ventilasi.

Cermat dalam memilih kabel untuk genset

Genset termasuk alat heavy duty alias memiliki beban kerja yang sangat besar. Aliran listrik yang dihasilkan dari genset juga sangat tinggi, itulah mengapa Anda tak bisa sembarangan menggunakan kabel. Pilih kabel yang memang bisa menampung daya listrik besar dari genset. Jangan langsung mencolokkan kabel alat elektronik ke genset karena bisa sangat berbahaya. Alatelektronik terutama yang kecil tidak akan kuat menahan aliran listrik yangdihasilkan oleh genset.

Pastikan mengisi bahan bakar genset dengan aman

Genset memang tidak mengeluarkan api seperti halnya kompor.Tapi mesin di dalam genset terus bekerja dan menghasilkan panas yang mudah sekali berubah menjadi api, terlebih jika sampai terkena bahan yang mudah terbakar. Maka dari itu, pastikan Anda selalu mengisi bahan bakar genset dalamkondisi genset mati. Jangan menyimpan bahan bakar berdekatan dengan genset untuk menghindari adanya korsleting dan pecikan api.

Write a Reply or Comment