5 Aturan Keselamatan Genset Yang Perlu Anda Ketahui

aturan dalam menggunakan genset
aturan keselamatan genset img

Aturan 1: Jangan pernah menggunakan genset di dalam ruangan.

Jangan gunakan genset di garasi, meski pintunya terbuka beberapa inci. Untuk satu hal, angin yang bertiup ke garasi akan mendorong pembuangan karbon monoksida dari genset ke rumah. Tetapi bahkan tanpa itu, masih ada resiko asap masuk ke dalam rumah. Jadi pastikan letakkan genset di luar ruangan atau di ruang khusus bawah tanah yang memang dibangun untuk genset. Juga jalankan kabel ekstensi dari mesin ke peralatan yang ingin Anda beri daya atau gunakan kabel genset untuk menghubungkan ke saklar transfer. Saklar mencegah genset mengalami lonjakan daya yang bisa menyebabkan terjadinya korsleting ataupun ledakan.

Aturan 2: Jangan gunakan kabel yang rusak atau berukuran terlalu pendek

Banyak orang yang tidak sayang membeli genset dengan harga mahal namun enggan membeli kabel dengan kualitas terbaik. Jangan gunakan kabel yang rusak dengan pita listrik di sekelilingnya dan jangan gunakan kabel yang berukuran terlalu kecil, terutama yang dirancang untuk penggunaan di dalam ruangan. Sebab pita kabel yang terlalu kecil bisa menyebabkan terjadi ledakan atau korsleting karena kabel tidak kuat menahan arus listrik yang terlalu besar dari genset.

Aturan 3: Jangan menyimpan bahan bakar di dekat genset.

Simpan bahan bakar di dalam ruangan khusus seperti di dalam gudang, dan tidak di sebelah genset. Hal ini sebenarnya merupakan aturan yang sangat mendasar namun banyak orang yang mengabaikannya begitu saja. Sebuah genset menjadi dingin dengan cepat setelah Anda mematikannya. Tapi ia bisa dengan cepat menyala kembali dan terbakar ketika ada tumpahan bahan bakar yang mengenainya. Jadi jangan remehkan hal ini dan relakan waktu serta tenaga untuk bolak-balik membawa bahan bakar menjauh dari genset dari pada ada kecelakaan yang bisa membahayakan nyawa Anda.

Aturan 4: Selalu ikuti petunjuk buku manual.

Ikuti instruksi yang ada di dalam buku manual. Jika buku manual mengatakan kalau genset perlu dipendam di dalam tanah, maka lakukan hal tersebut. Salah satu cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan menjalankan kabel 12-gauge dari terminal grounded pada generator. Sebagai alternatif, buku manual mungkin meminta Anda untuk menjalankan kabel arde dari terminal arde generator ke bus arde di dalam panel listrik. Selama Anda mengikuti instruksi yang diberikan dalam buku manual, maka generator akan bekerja dengan baik dan aman.

Aturan 5: Jangan berusaha meredam suara genset.

Ya, genset memang berisik dan suaranya cukup mengganggu. Apa yang bisa dilakukan dengan hal tersebut? Sayangnya tidak ada. Genset yang lebih canggih secara mekanis bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada versi lama dengan menyesuaikan rpm engine dengan output listriknya. Hal ini bisa mengurangi kecepatan gerak genset, yang menjadikannya lebih tenang sekaligus menghemat bahan bakar. Cara paling sederhana untuk mengurangi kebisingan generator adalah dengan mengurangi beban listrik yang Anda berikan padanya. Atau yang termudah adalah dengan membeli genset silent meski harganya memang cukup mahal.

Berapapun harga genset yang Anda beli dan apapun mereknya, pastikan Anda selalu memperhatikan hal-hal tersebut untuk menghindari kecelakaan akibat penggunaan genset yang kurang tepat. Sudah banyak sekali kasus kematian yang diakibatkan kesalahan dalam penggunaan genset dalam kehidupan sehari-hari. Jadi pastikan Anda memperhatikan dengan baik peraturan penggunaannya.

Write a Reply or Comment