5 Kerugian Bisnis Jika Tak Memiliki Genset

harga genset ABC Power

Kalau Anda mencari harga genset, mungkin cukup kaget dengan harganya yang tidak murah. Tapi di sisi lain, perlu Anda tahu juga kalau genset ABC sudah terpercaya kualitasnya sehingga harga tersebut sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan. Di sisi lain, harga yang Anda keluarkan untuk membeli genset tak akan ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kerugian bisnis yang mungkin dialami.

Ya, memang jarang orang yang membeli genset untuk penggunaan rumahan. Tapi untuk Anda yang memiliki bisnis, membeli genset adalah suatu keharusan. Coba simak kerugian apa saja yang mungkin Anda alami jika tidak memiliki genset:

Produksi menurun

Untuk Anda yang memiliki bisnis produksi barang, salah satu kerugian terbesar yang akan dialami ketika mati listrik dan tidak punya genset adalah jumlah hasil produksi yang menurun. Bagaimana bisa bekerja jika mesin-mesin mati karena tidak adanya listrik? Padahal dalam satu jam, bisa saja Anda memproduksi ratusan barang. Namun karena mati listrik selama beberapa jam, maka produksi dalam satu hari akan menurun drastis. Belum lagi kalau hal ini terjadi selama beberapa hari, wah siap-siaplah menanggung kerugian yang sangat besar.

Bahan baku rusak

Kalau Anda berbisnis makanan, baik itu yang cepat saji maupun dalam kemasan, pasti akan langsung lemas saat listrik mati. Ya, sebab pelaku bisnis makanan harus selalu menjaga kesegaran bahan baku yang akan digunakan dalam produk mereka dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Jika listrik mati dan tak ada genset untuk menggantikan tenaga listrik, sudah pasti bahan baku akan rusak atau busuk. Apalagi untuk buah, sayur, dan juga daging yang mudah sekali busuk, suhu tinggi ditambah dengan tempat yang  kurang ventilasi udara jelas akan membuatnya cepat busuk.

Tak bisa memenuhi pesanan

Apa yang akan terjadi jika listrik mati dan seluruh karyawan di pabrik tidak bisa bekerja? Tentu saja Anda gagal memenuhi pesanan dari klien. Padahal klien tentu sudah berharap bahwa Anda bersikap profesional, namun memang mati listrik adalah hal yang tidak bisa diduga. Coba kalau Anda memiliki genset, maka seluruh mesin bisa tetap bekerja dan Anda pun tak akan kesulitan memenuhi  pesanan klien sesuai tenggat waktu yang ditetapkan tanpa tergantung dengan listrik.

Rugi membayar upah tenaga kerja

Setiap pemilik bisnis memiliki kebijakan berbeda-beda dalam membayar tenaga kerjanya, ada yang per jam, ada yang per hari, ada yang per minggu, ada pula yang per bulan. Nah, lalu coba bayangkan apa yang terjadi saat para tenaga kerja tidak bisa bekerja dikarenakan mati listrik dan Anda tidak memilliki genset? Maka para tenaga kerja tersebut akan menganggur namun Anda terpaksa tetap membayarkan upahnya dikarenakan mati listrik tersebut bukan kesalahan dari mereka. Sudah produksi menurun, masih harus membayar gaji dari para pekerja yang menganggur. Rugi dobel, kan?

Kurang profesional

Hal lain yang akan tercermin dari bisnis Anda saat tak memiliki genset adalah kesan kurang profesional. Bayangkan saja, saat ada rapat atau ada tamu yang datang ke kantor Anda dan tiba-tiba mati lampu. Pasti mereka akan berpikir kalau perusahaan Anda kurang profesional karena mengatasi hal kecil seperti ini saja tidak bisa.

Maka dari itu, pastikan menyediakan genset untuk bisnis Anda. Ada banyak sekali merek genset yang bisa Anda pilih seperti genset Perkins atau genset Yanmar.

Write a Reply or Comment