6 Cara Untuk Mencegah karat genset

karat genset

Sudah menjadi hukum alam bahwa musuh utama besi adalah karat. Korosi ini bisa menyerang benda-benda di sekitar kita yang berbahan dasar logam dan alumunium dan ini termasuk ke dalam rangka mesin genset. Sebenarnya karat ini adalah reaksi logam dengan zat yang ada di sekitar logam tersebut seperit air dan udara sehingga menimbulkan senyawa baru. Senyawat tersebut berwarna kemerahan yang akan membuat logam menjadi rapuh dan ini sangat berbahaya untuk mesin genset. Jadi kamu yang sudah membeli genset sebaiknya memperhatikan 6 cara ini untuk mencegah karat  pada bagian genset.

Hindari tempat lembab dan basah

Genset akan terserang karat jika diletakkan pada  tempat yang basah dan lembab. Ini akan terjadi jika genset berada dalam kondisi ini untuk jangka waktu yang lama. Mesin genset terbuat dari logam dan tentu akan sangat beresiko jika meletakkannya pada tempat yang basah dan lembab. Selain karat, genset akan berusia lebih pendek dari yang seharusnya karena banyak komponen yang rusak sebelum waktunya. Selain itu meletakkan genset di tempat yang lembab dan basah juga bisa berbahaya karena bisa memciu tegangan listrk yang tinggi dan membuat orang kesetrum.

Jaga kebersihan mesin

Ternyata bukan hanya air dan tempat lembab saja yang membuat karat genset. Tapi juga kebersihan dari penggunaan yang kurang terjaga. Kamu harus memastikan tidak ada tumpahan oli, bahan bakar, atau cipratan air di dalam mesin genset. Jadi pastikan kamu selalu membersihkan bagian-bagian genset yang sering terkena oli, bahan bakar, dan air saat penggunaan. Fokuskan pada bagian radiator karena bagian ini merupakan elemen terpenting dalam sebuah genset. Apalagi jika kamu membeli genset, pastiakn kebersihannya terjamin.

Ganti komponen secara berkala

Dengan penggunaan genset yang cukup berat jika digunakan berjam-jam setiap hari dengan durasi istirahat yang singkat, sudah bisa dipastikan bakal ada komponen yang cepat aus dan butuh diganti secara berkala. Jika kamu sudah menemukan indikasi adanya komponen yang rusak, maka segera gantik dengan yang baru. Komponen rusak yang sudah usang akan berpotensi menyebabkan karat genset dan akan menyebar ke komponen lainnya. Ini akan semakin berbahaya karena ongkos memperbaikinya juga akan semakin mahal dan kemungkinan rusak total juga akan terjadi.

Hindari sinar matahari langsung

Letakkan genset di tempat yang teduh dan kalau bisa buat penutup yang aman dari hujan dan sinar matahari langsung. Ini mengingat sinar matahari akan terus menyinari rutin setiap hari. Sinar matahari langsung yang mengenai genset terus menerus akan memudarkan warna mesin dan menimbulkan bodi mesin genset itu.

Hindari air hujan

Air hujan mengandung senyawa tajam yang bisa merusak logam lebih cepat dari air biasa. Untuk itu ada baiknya kamu menghindariakn genset dari percikan air hujan. Siapkan penutup yang aman sehingga air hujan tidak bisa mengenai badan genset ataupun masuk ke sela-sela mesin di dalamnya. Ini juga berlaku untuk jenis genset murah diesel.

Perhatikan tangki bahan bakar

Meski tidak terlalu kelihatan, tapi tangki bahan bakar juga berpotensi untuk terserang karat. Ini terjadi karena bahan bakar lama terendap di dalam tangki tanpa dihabiskan. Jadi usahakan menggunakan genset dengan menghabiskan seluruh isi tangki agar bisa diisi dengan bahan bakar yang baru setiap harinya. Kamu harus tahu bahwa bahan bakar di dalam tangki juga bisa basi. Kalau ini terjadi, kamu nggak akan sadar jika tangki sudah berkarat dan akan merusak bahan bakar yang digunakan untuk menjalanka mesin.

Gambar Harga genset terbaru

Write a Reply or Comment