6 Genset Di Stadion Batakan Hilang,Pemerintah Rugi Rp 300 Juta

6 Genset Di Stadion Batakan Hilang,Pemerintah Rugi Rp 300 Juta

Sudah menjadi bagian dari prosedur jika setiap stadion di Indonesia maupun di negara lain selalu memiliki genset sebagai cadangan energi. Tentu tak lucu jika sebuah pertandingan harus terhenti dikarenakan adanya pemadaman listrik. Hal itu pula yang ada di Stadion Batakan Balikpapan, di mana ada 6 genset yang disediakan untuk digunakan di waktu darurat. Namun 6 genset dengan ukuran yang cukup besar ini ternyata hilang dicuri dan menyebabkan kerugian yang cukup besar apda pemerintah daerah, mencapai Rp 300 juta.

Andi Muhammad Yusri selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan, menuturkan bahwa dirinya sudah mengusulkan ke Bappeda Litbang Balikpapan untuk membeli lagi 3 genset yang akan diletakkan di Satdion Batakan. Namun harus menunggu anggaran disetujui dan dimasukkan ke dalam APBD terlebih dahulu barulah bisa membeli genset tersebut. Hal ini dikarenakan karena harga genset yang dibutuhkan memang tidak murah, sebab kapasitasnya juga sangat besar.

Satu buah genset yang nantinya akan dibeli dan diletakkan di Stadion Batakan ini memiliki kapasitas hingga 1,3 megawatt. Genset tersebut nantinya akan digunakan untuk mengantisipasi jika ada pemadaman dari PLN, tidak hanya di Stadion Batakan namun juga beberapa kawasan lain di sekitarnya. Yusri menuturkan kalau Stadion Batakan saja sebenarnya sudah cukup menggunakan satu buah genset berkapasitas 1,3 megawatt tersebut. Namun kalau untuk kawasan lain di sekitarnya, maka harus ada tambahan genset lagi.

Hingga saat ini, masih dilakukan pemeriksaan terkait hilangnya 6 panel genset yang ada di Stadion Batakan. Sebab genset sendiri bukan alat yang berukuran kecil dan bisa diselundupkan begitu saja. Jadi dicurigai ada keterlibatan pihak dalam berkaitan dengan hilangnya genset ini. Meski demikian, Yusri masih enggan berkomentar terkait hal tersebut karena semuanya masih sedang dalam proses pemeriksaan.

Pentingnya genset untuk kehidupan sehari-hari

Genset memang menjadi salah satu alat yang penting sekali dalam kehidupan sehari-hari. Tak terhitung bertapa seringnya aktivitas terganggu dikarenakan pemadaman listrik tak terduga yang terjadi dalam waktu lama. Apalagi untuk yang memiliki bisnis dalam bentuk pabrik maupun tempat produksi dan mengandalkan mesin-mesin, tentu ada banyak kerugian yang dialami saat mati listrik dan tidak memiliki genset.

Genset sendiri ada banyak jenisnya, namun salah satu yang sangat recommended adalah genset Foton. Genset satu ini berupakan buatan China, yang sudah ada sejak tahun 1996 lalu. Saat ini aset dari induk perusahaan genset Foton sendiri mencapai lebih dari 5 milyar Yuan. Genset Foton ini juga masuk ke dalam Top China’s Most Valuable Brand, sehingga kualitasny amemang tak perlu diragukan lagi.

Genset Foton sendiri masih memiliki beberapa jenis berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk memilih genset yang tepat, pertama Anda harus mengetahui kebutuhan terlebih dahulu. Jangan asal memilih harga genset murah tapi tidak tahu spesifikasi genset yang Anda beli. Pertama, ketahui dulu besarnya kapasitas genset yang Anda butuhkan. Untuk penggunaan skala kecil misalnya di rumah tangga, genset dengan kapasitas di bawah 1000 watt sudah mencukupi.

Tapi kalau Anda membutuhkan distributor Jual genset untuk area perkantoran atau pabrik, tentu saja dibutuhkan kapasitas genset yang jauh lebih besar. Jelas akan ada perbedaan harga, namun tentu sebanding dengan manfaat yang akan diberikan untuk Anda.

Write a Reply or Comment