6 Macam Sumber Energi Listrik

Energi listrik adalah energi utama yang dibutuhkan oleh peralatan listrik. Listrik yang mempunyai satuan amper (A), konsumsi daya listrik watt dan tegangan listrik dengan satuan volt (v). Listrik banyak di konversikan menjadi energi lain untuk mendukung kegiatan yang dilakukan manusia seperti lampu, genset dan setrika (panas). Energi listrik yang di hasilkan bisa dari berbagai sumber seperti batu bara, minyak, matahari, panas bumi, angin, gelombang dan nuklir. Semua energi yang dihasilkan besarannya mulai dari satuan joule sampai puluhan juta joule. Berikut adalah penjelasan mengenai sumber energi listik yang biasa kita manfaatkan sehari-hari:

Minyak

Diesel menggunakan minyak sebagai bahan bakar untuk menghasilkan tenaga listrik. Minyak dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia karena kaya akan dengan sumber daya. Generator diesel atau genset banyak digunakan di Indonesia yang masih kekurangan akan pasokan listrik, terutama di daerah-daerah. Minyak adalah salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui mengingat butuh jutaan tahun untuk memprosesnya, alternative lainnya adalah mencari alternative energi lain.

Angin

Angin adalah salah satu sumber energi listrik yang didapatkan secara gratis, namun dalam perakteknya kita memerlukan pembangkit listrik/ turbin yang cukup besar untuk dapat energi dari angin tersebut. Pembangkit ini memerlukan tempat yang lapang dan memiliki kualitas angin yang kencang. Energi angin banyak di manfaatkan didaerah pegununggan.

Matahari

Energi matahari adalah energi terbaharukan yang sangat di manfaatkan sebagai pengganti energi minyak. Energi matahari menggunakan panel surya sebagai media. Energi matahari sangat tidak terbatas, namun butuh biaya yang cukup besar untuk membangun reaktornya. Energi ini tidak bias digunakan ketika cuaca sedang mendung= atau berawan.

Gelombang

Energi ini memanfaatkan gelombang laut atau ombak yang ada di laut untuk menghasilkan energy listrik. Energy ini sangat baik untuk lingkungan karena tidak menimbulkan polusi. Hal yang dibutuhkan untuk mengambil energi ini adalah sebuah reactor. Energi yang di hasilkan tergantung kekuatan ombak, energi ini hampir sama dengan energi angin.

Nuklir

Nuklir merupakan salah satu sumber energi yang maha dasyat. Selain sebagai pembangkit listrik nuklir juga digunakan pada senjata-senjara modern saat ini. Hal baik pada energy nuklir adalah dengan menggunakan sedikit bahan dapat dapat menghasilkan energy yang cukup besar. Kelemahan nuklir adalah tidak boleh terjadi kesalahan atau kecelakaan kerja karena bias menjad bencana yang cukup besar. Nuklir harus ditangani oleh orang-orang yang sudah mempunyai kualifikasi dibidangnya. Perlu perhatian lebih jika suatu Negara ingin menggunakan energi tersebut.

Batu Bara

Batu baru sangat mudah di temukan, banyak sekali Negara penghasil batu bara yang akhirnya memanfaatkannya sebagai energy listrik. Batu bara sebenarnya sangat tidak ramah lingkungan, mengingat asap yang dihasilkan pada saat proses ini sangat berbahaya bagi kesehataan ozon dan lingkungan disekitarnya.

Demikian beberapa penjelasan tentang sumber energi listrik. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak sumber energi terbaharukan yang ramah lingkungan dan stabil. Manusia terus menciptakan penemuan-penemuan baru yang hebat dan dapat di gunakan secara maksimal untuk masa yang akan datang.

Baca juga: Macam-Macam Pembangkit Listrik

Gambar Harga genset terbaru

Write a Reply or Comment