7 Aturan Wajib Dipatuhi Saat Menempatkan Genset

tips menempatkan genset
ilustrasi

Genset bukanlah alat yang berbahaya dan cenderung aman digunakan baik dalam skala rumah tangga hingga skala besar seperti pabrik. Tapi di satu sisi, genset memang membutuhkan perlakukan khusus termasuk saat meletakkannya di suatu tempat. Sebab jika salah dalam menempatkannya, potensi bahaya yang ditimbulkan oleh genset akan meningkat. Nah, berikut ini 7 aturan yang harus Anda patuhi dalam penempatan genset:

Harus ada Ruang Genset

Yang pertama, genset sebaiknya diletakkan di ruangan khusus yang  memang hanya difungsikan untuk meletakkan genset. Ruangan ini pun memiliki beberapa kriteria, misalnya harus luas dan memiliki ventilasi udara yang baik. Ruangan genset juga perlu memiliki sistem pembuangan gas yang tepat supata tidak sampai mengarah ke tempat yang banyak orangnya.

Jangan di bawah Sinar Matahari Langsung

Tapi kalau memamg Anda tak bisa menyediakan ruangan khusus untuk genset, maka genset ini bisa diletakkan di luar ruangan. Namun pastikan agar genset tidak diletakkan langsung di bawah sinar matahari karena bisa memicu timbulnya karat dan overheating. Genset juga sebaiknya tidak diletakkan di bawah hujan karena air bisa masuk ke komponen kecil yang ada di dalamnya dan menimbulkan korsleting. Akan lebih baik lagi jika di sekitar genset dipasang pagar supaya bisa mengurangi resiko tersetrum dan juga pencurian.

Hindari Meletakkan Dekat Dengan Pemukiman

Sebagian besar genset memiliki suara yang memekakkan telinga saat beroperasi. Itulah mengapa Anda tak sebaiknya meletakkan genset dekat dengan area pemukiman. Tapi kalau sangat terpaksa, lebih baik Anda mencari yang jual genset silent. Gensetjenis ini sangat disukai karena tidak mengeluarkan suara apapun saat beroperasi. Tapi ingat, genset tipe silent sekalipun tetap mengeluarkan gas pembuangan jadi sebaiknya pilih tempat yang terbuka untuk meletakkannya.

Hindari Mengangkat Genset

Kalau Anda memang harus sering memindahkan genset ke beberapa tempat berbeda, hindari mengangkat atau menyeretnya. Sebisa mungkin Anda harus menggunakan trailer untuk memindahkan genset. Sebab genset sendiri memiliki ukuran yang besar dan bobot yang sangat berat, sehingga dikhawatirkan justru akan terjatuh jika diangkat. Sedangkan menyeret genset yang tidak memiliki roda jelas akan merusak body luat pada genset.

Jangan terlalu jauh dari panel listrik

Fungsi utama dari genset adalah untuk menghasilkan energi listrik yang nantinya disalurkan melalui kabel dan dipasangkan pada panel listrik. Itulah mengapa Anda harus memasang genset berdekatan dengan panel listrik supaya tidak membutuhkan sambungan kabel yang terlalu panjang. Sebab korsleting juga bisa dipicu dari kerusakan pada kabel. Jadi menggunakan kabel yang pendek akan mengurangi resiko terjadinya korsleting. Selain itu, Anda pun tak akan terlalu kerepotan harus berurusan dengan kabel panjang.

Pastikan Ada Oksigen di ruang Bawah Tanah

Apabila Anda memilih meletakkan genset di bawah tanah, pastikan kalau sirkulasi udaranya dipikirkan dengan baik. Sebab ketika genset berada di tempat tertutup, maka panas tidak akan bisa keluar dan bisa menyebabkan over heat pada mesin yang akhirnya bisa membuatnya mati. Selain itu, saat meletakkan genset di bawah tanah pastikan ada ruang untuk satu atau dua orang melakukan perbaikan dan mengganti suku cadang.

Jauhkan Dari Anak-Anak

Yang juga tak kalah pentingnya, pastikan Anda menjauhkan genset dari anak-anak dan hewan peliharaan. Bagaimana pun juga, alat ini menghasilkan panas dan listirk tinggi yang bisa membahayakan keselamatan.

Write a Reply or Comment