7 Cara Jitu Dalam Menghemat BBM Genset

7 cara jitu menghemat bbm abc power

Di zaman modern seperti ini, sudah banyak industri atau pekerjaan yang membutuhkan mesin genset sebagai pembangkit listrik baik untuk cadangan disaat PLN mengalami pemadaman atau pun jika pasokan listrik yang dimiliki kurang mencukupi.

Dalam pengoperasiannya, genset memerlukan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan memerlukan peran yang sangat penting. Dari tahun ke tahunnya, minyak mengalami kenaikan yang diiringi dengan naiknya harga minyak dunia. Hal tersebut yang bisa membuat pemilik genset harus siap dengan biaya yang diperlukan saat memutuskan untuk memakai genset. Tapi sebenarnya Anda tidak khawatir, karena ada beberapa cara menghemat BBM genset yang patut diikuti seperti berikut ini:

Pilih kapasitas genset sesuai dengan kebutuhan

Sebelum Anda membeli atau menyewa sebuah mesin genset, pastikan jika kapasitas genset yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena jika Anda memilih genset dengan kapasitas yang terlalu besar daripada kebutuhan, maka secara otomatis BBM yang diperlukan juga lebih besar dan menjadi boros.

Pilih genset dengan efisiensi BBM tinggi

Jika berniat untuk menyewa genset, sewalah genset yang memiliki efisiensi BBM tertinggi. Jangan sampai porsi biaya BBM jauh lebih besar dibandingkan dengan harga sewa genset.

Hindari mengoperasikan genset dengan tanpa beban terlalu lama

Untuk mengehemat BBM genset, jika belum digunakan maka sebaiknya genset langsung dimatikan. Hal ini dikarenakan genset yang berada pada posisi idie atau beban rendah akan tetap mengonsumsi BBM sebesar 10-15% dari kebutuhan BBM pada beban puncak.

Menempatkan genset sedekat mungkin dengan beban

Letakkan genset sedekat mungkin dengan alat listrik yang memiliki daya yang besar. Lebih baik lagi jika diletakkan mendekati titik tengah dari semua alat listrik yang digunakan. Karena jarak genset yang terlalu jauh dari alat listrik akan menyebabkan rugi daya. Sehingga dengan menempatkan genset di salah satu ujung bangunan proyek, jelas tidaklah efisien dan bisa menyebabkan kerugian.

Merawat genset dengan baik

Sebelum Anda membeli atau menyewa genset, pastikan jika tempat jual genset atau sewa genset tersebut memiliki maintenance yang baik misalnya dengan menyediakan spare part dengan tenaga ahli yang handal. Karena dengan perawatan yang baik, kondisi genset akan tetap prima dan dapat menghemat BBM genset.

Periksa kualitas BBM

Untuk mengemat bbm genset, banyak yang memakai BBM dengan kualitas rendah seperti oplosan solar dan minyak tanah. Atau juga BBM pada genset sudah kotor dan tercampur dengan air. BBM seperti itu bukan hanya boros saat dipakai tetapi juga sangat berbahaya bagi kondisi genset. Sebaiknya gunakan alat khusus untuk menguji kemurnian BBM seperti cetane number (ukuran yang menunjukkan kualitas dari bahan bakar diesel).

Mengantisipasi pencurian atau penipuan dalam takaran BBM

Lakukan langkah antisipasi dalam pencurian atau penipuan takaran BBM dengan menggunakan takaran standar BBM yang telah ditera sebelumnya dana tau menggunakan drum untuk memastikan jika volume pengiriman telah sesuai dengan yang Anda pesan. Mintalah kepada petugas untuk mengawasi dan melaporkan secara harian dalam pemakaian BBM pada genset.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menghemat BBM genset dengan mudah. Hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan juga sebagai cara dalam menghemat BBM genset yaitu dengan memastikan genset yang Anda beli atau jual adalah genset berkualitas terbaik yang tidak akan membuang-buang uang Anda dalam melakukan perbaikan atau pun dalam perawatannya. Pastikan Anda sudah memakai genset ABC Power dengan harga genset murah untuk berbagai merek seperti genset Perkins, Cummins, Deutz, MTU, Foton, Lovol, Yanmar, Doosan dan masih banyak lagi.

Dapatkan berbagai info untuk berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi atau pun rekomendasi dengan product specialist yang ada di ABC Power sekarang juga dengan menghubungi langsung ke nomor 021- 2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com. Tunggu apalagi? Dapatkan genset dengan aman dan nyaman di ABC Power.

Write a Reply or Comment