7 Hal Penting Dalam Perawatan Generator Set

perawatan genset ABC Power

Genset adalah sebuah mesin yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik dan mengalirkannya ke perangkat lain. Mesin ini dibuat pada tahun 1831 oleh Faraday dan Rudolph Diesel dan hingga saat ini terus berkembang karena tuntutan jaman. Melihat dari era dibuatnya, ternyata genset sudah ada lebih dari seratus tahun yang lalu tapi beberapa tahun belakangan ini menjadi sangat fenomenal karena berbagai inovasi dan banyaknya lini bisnis dan perumahan yang membutuhkannya. Semakin banyak permintaan dari tahun ke tahun karena berkembangnya kebutuhan masyarakat seiring berkembangnya dunia teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehadiran listrik.

Kebutuhan yang semakin meningkat ini juga dipengaruhi oleh pasokan listrik dari PLN yang kurang memadai sehingga masyarakat mencari energi listrik alternatif yang lebih indepen dan genset adalah solusinya. Anda bebas menggunakan genset untuk keperluan apa pun dan tanpa daya maksimal selama mesin genset memadai. Tentu ini adalah poin positif dari penggunaan genset yang terus menerus mengalami peningkatan.

Namun tentu saja mesin yang digunakan setiap hari untuk keperluan produktif harus juga diimbangi dengan perawatan yang maksimal. Genset juga perlu dijaga perawatannya agar bisa bekerja dengan optimal dan tentunya lebih awet. Berikut ini 7 hal yang perlu anda ketahui dalam merawat mesin genset yang baik dan benar.

  1. Letakkan di tempat kering

Genset adalah benda yang mmpu menghasilkan energi listrik dan energi listrik akan mudah mengalir lewat air. Jadi pastikan anda meletakkan mesin genset jauh dari air atau tempat yang lembab. Buat khusus tempat genset yang kering atau pastikan genset menyala di tempat yang terhindar dari cipratan air. Selain berbahaya tersetrum, genset yang terkena air juga berpotensi rusak atau menjadi kurang daya tahannya.

  1. Bersihkan setelah digunakan

Mesin genset yang menyala memungkinkan untuk mengundang debu karena ada komponen yang berputar. Ini bisa mengurangi performa  jika mesin genset dipenuhi dengan debu dan kotoran. Perhatikan juga minyak yang menempel pada bagian genset yang bisa membuat genset menjadi berkarat atau mengenai komponen lainnya. Setelah dipakai lebih baik bersihkan genset dari debu dan minyak yang menempel. Jika anda membiarkan kotoran menempel terlalu lama, maka bisa jadi akan lebih sulit untuk dibersihkan dikemudian hari.

  1. Ganti sparepart genset secara berkala

Semua mesin memiliki komponen yang aus saat dipakai dalam jangka waktu tertentu. Hal ini pun terjadi pada mesin genset yang memiliki komponen yang harus diganti. Jika anda mengetahui ada komponen yang mesti diganti, maka segera lakukan penggantian sebelum kerusakan menjalar ke bagian yang lain. Saat ini banyak produsen yang juga menjual spare part di pasaran sehingga mudah dalam perawatannya. Beberapa sparepart yang mesti diganti antara lain: oli mesin, filter oli, filter udara, fuel filter, dinamo starter, radiator, nozzle, dan dinamo charger. Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait daftar harga genset murah di toko-toko sparepart yang anda datangi.

  1. Pastikan sirkulasi udara cukup baik

Genset yang bekerja akan menghasilkan panas sehingga dibutuhkan sirkulasi udara yang baik di sekitar penempatannya. Apalagi ada gas pembuangan dari mesin yang mengkonsumsi solar dan bensi sehingga sangat berbahaya jika asapnya tidak keluar dengan baik. Genset yang mendapatkan sirkulasi udara yang baik bisa meminimalisir panas dan pastinya menghindari pengap dari asap pembuangan.

  1. Periksa bahan bakar sebelum dinyalakan

Genset akan mengalami gangguan jika dinyalakan dalam kondisi bahan bakar kurang. Selalu pastikan bahan bakar di tangki dalam keadaan penuh atau terisi sebelum dinyalakan. Kerusakan permanen bisa saja terjadi jika anda memaksakan menghidupkan genset dengan tangki bahan bakar yang kosong.

  1. Rutin memanaskan genset

Jika anda tidak selalu menggunakan genset setiap hari, maka ada baiknya memanaskan mesin genset ini secara berkala untuk menjaga komponen tetap berjalan dengan baik. Sistem plumasan oli bisa berjalan dengan baik jika terjadi pergerakan yang rutin dan pemanasan setiap seminggu sekali perlu dilakukan jika anda menggunakan genset untuk cadangan saja.

  1. Patuhi prosedur penggunaan

Anda perlu memahami prosedur penggunaan genset untuk memastikan genset telah digunakan sesuai dengan anjuran pabrik. Ini akan membuat biaya perawatan anda jadi lebih ringan dan pastinya genset yang lebih awet.

 

Write a Reply or Comment