Cara yang Baik dan Benar Mengoperasikan Genset

Tidak ada cara khusus dalam menggunakan genset, namun jika dalam kondisi tertentu dan dihadapkan pada situasi dimana Anda harus mengoperasikan genset maka perlu waktu lama untuk memahami cara kerja mesin tersebut, atau bisa jadi justru Anda menjadi panik karena belum mengetahui tahap awal yang harus dilakukan.

Namun tidak perlu khawatir, Anda dipastikan dapat mengoperasikan semua jenis genset, paling tidak jika Anda menemui situasi dimana harus mengoperasikan genset maka tidak terlalu awam. Namun, alangkah baiknya Anda terlebih dulu memahami kiat menggunakan genset untuk pemula seperti berikut :

Memeriksa Bahan Bakar dan Pelumas Mesin

Tahap paling awal sebelum menyalakan genset adalah dengan memeriksa ketersediaan bahan bakar. Untuk genset dengan jenis portable alangkah baiknya menggunakan bahan bakar yang terbaik. Jika sudah kosong maka isi secukupnya dan jangan terlalu penuh serta jangan pula terlampau sedikit. Lalu pastikan pelumas atau Oli telah terisi penuh. Pada umumnya menggunakan oli tipe SAE 20-40 dengan merek apapun bisa Anda gunakan, selama sesuai jenis mesin genset yang Anda miliki.

Periksa Kondisi Accu

Memeriksa kondisi accu dapat dilakukan dengan melakukan start langsung, jika kondisi masih baik maka sontak mesin akan menyala, namun sebaliknya, jika beberapa kali ditekan tetapi tidak terjadi aktivitas mesin maka bisa jadi accu kurang baik. Lakukan pengecekan pada accu dan beberapa konektor yang terhubung langsung dengan pembangkit mesin untuk memicu bergerak. Jika tidak ada masalah dengan konektor dan kabel maka ganti accu Anda.

 

Menyalakan Genset Diesel

Setelah semua dinyalakan dan disiapkan dengan benar maka cara menggunakan genset untuk pemula bisa dilanjutan. Berikut caranya;

  • Kunci kontak pada dposisikan ‘on’ kemudian biarkan sejenak
  • Periksa voltase pada display 12V atau 24V tergantung dari accu yang dibutuhkan

Pemanasan

Sama seperti kendaraan bermotor, mesin genset juga perlu dilakukan pemanasan. Melakukan pemanasan 5 sampai 10 menit, hal ini juga untuk menjaga agar putaran sistem kerja mesin lebih stabil karena semua komponen dan pelumas sudah bekerja dengan sempurna. Setelah itu, Anda bisa menambahkan beban dengan menghidupkan panel yang ada secara berurutan satu-persatu.

 

Mematikan Genset

Tahap terakhir adalah mematikan genset. Mematikan genset dapat dilakukan setelah selesai digunakan atau jika terjadi sesuatu hal tidak diinginkan sehingga mematikan genset demi keamanan. Berikut tahapannya;

  • Matikan saklar MCB/ Breaker pembebanan pada posisi off
  • Biarkan selama ± 5 menit agar putaran mesin generator menghabiskan gas buang
  • Pastikan kontak mesin pada posisi OFF untuk tipe diesel dan bensin, manual ataupun elektrik

Semoga cara menggunakan genset untuk pemula ini bisa menjadi pengetahuan untuk Anda sehingga tidak bingung ketika dihadapkan pada situasi harus mengoperasikan sebuah genset. Alangkah baiknya jika anda menghubungi ahlinya dan dapat menjawab permasalahan genset Anda. ABC Power yang memberikan komitmen selama 2×24 jam waktu tanggap untuk pelayanan purna jual dan memberikan konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan harga yang terbaik untuk Anda secara gratis, tanpa dipungut biaya dan komitmen apa pun.

Setelah Anda mempertimbangkan semua hal di atas, Anda bisa memilih merek genset di ABC Power mulai dari  PerkinsCumminsYanmar, MTU, Foton, Lovol, Primero Mitsubishi dan lainnya dengan dengan harga genset murah dan kapasitas genset yang Anda butuhkan mulai dari 8 hingga 3000KVA, lalu lakukan transaksi dan siap untuk dibawa pulang untuk melakukan instalansi serta siap untuk digunakan. Selain itu, Anda juga bisa sewa genset murah baik untuk harian, mingguan atau pun bulanan dengan aman dan nyaman. Tunggu apalagi? Hubungi sekarang juga melalui nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com.
www.abcpowergenset.com

Write a Reply or Comment