9 Komponen Penting Yang Ada Pada Genset

jual genset ABC Lovol 70 kva Silent

Setiap perangkat elektronik memiliki komponen-komponen yang rumit di dalamnya. Mungkin para pengguna tidak akan terlalu memahami bagaimana sebuah barang elektronik bekerja, dan komponen apa saja yang ada di dalamnya. Tapi untuk sebagian orang pastinya ingin mengetahui apa saja yang ada di dalam sebuah mesin agar mengetahui cara kerjanya. Sama seperti halnya bagian di dalam genset, banyak orang mengetahui genset hanya sebuah alat yang mampu menghasilkan listrik dan mengalirkannya ke peralatan elektronik lainnya. Jarang ada yang membahas apa saja komponen di dalam genset tersebut. Kali ini anda bisa melihat komponen penting yang ada di dalam genset agar nantinya jika anda memiliki genset dan mengalami kerusakan, setidaknya bisa mengetahui komponen apa yang harus diganti. Ini akan berguna bagi kita ketika melakukan perawatan dan memperbaiki genset yang rusak agar tidak dipermainkan oleh pegawai servisnya. Saat kita tahu komponen yang rusak, maka tidak mudah bagi pegawai servis mempermainkan konsumen. Genset Yanmar adalah salah satu merek genset yang umumnya digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

  1. Mesin

Mesin merupakan komponen utama dari genset. Ada beberapa bahan bakar yang digunakan untuk mengoperasikan mesin ini seperti solar dan bensin, serta gas. Bensin biasanya digunakan untuk mesin genset kapasitas kecil, sedangkan kapasitas besar umumnya menggunakan bahan bakar solar.

  1. Alternator

Alternator ini akan menghasilkan output listrik yang nantinya dialirkan ke perangkat elektronik lain. Hal ini berdasarkan hukum input mekanis yang akan menghasilkna output listrik. Di dalamnya terdapat Stator yang merupakan komponen stasioner dan Rotor digunakan untuk menggerakkan medan magnet. Jadi alternator berfungsi untuk menghasilkan listrik dari mesin yang menyala.

  1. Tangki bahan bakar

Tangki bahan bakar adalah tempat penyimpana bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan mesin. Setiap genset memiliki kapasitas bahan bakar yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Tangki bahan bakar yang besar dan mampu menampung banyak bahan bakar akan mampu menyala lebih lama. Pada tipe tertentu terdapat juga tangki bahan bakar eksternal yang bisa diisi saat mesin dalam keadaan hidup sehingga genset tidak perlu dimatikan.

  1. Voltage Regulator

Komponen ini berfungsi untuk mengatur besarnya tegangan yang keluar dari regulator. Hal ini sangat penting untuk menjaga tegangan yang dihasilkan oleh generator set tetap dalam keadaan stabil. Jika daya listrik yang dikeluarkan oleh genset tidak stabil, bisa jadi semua peralatan elektronik yang mengambil daya ini akan rusak karena komponen yang mendapatkan arus tidak tetap.

  1. Exhaust cooling system

Sudah dipastikan mesin yang menyala terus akan menghasilkan panas. Untuk itu dibutuhkan komponen exhaust cooling sistem yang akan meredam panas. Jika tidak ada komponen ini bisa dipastikan genset akan sangat panas dan badan mesin akan overheating yang beresiko pada kerusakan ekstrim hingga meledak. Exhaust cooling system ini akan mendinginkan mesin dan jadi ventilasi udara untuk melepas panas yang biasanya berupa knalpot, radiator, dan kipas.

  1. System Lubricant

Pada mesin terdapat gerakan berulang yang cepat dan ini harus dilumasi dengan baik agar tidak terjadi gesekan dan aus pada komponen mesin. Sistem pelumas inilah yang akan melumasi mesin generator dan harus sering diperiksa setiap 8 jam pemakaian genset. Jika pelumasan ini tidak berjalan lancar, bisa jadi mesin akan bermasalah dan kerusakan parah akan terjadi.

  1. Baterai

Baterai pada genset sama fungsinya seperti aki pada mobil. Ini digunakan untuk menyalakan mesin genset pertama kali. Sehingga jika baterai ini soak, tentu mesin tidak akan bisa menyala dan distarter. Sama seperti mobil, baterai ini akan di-charge saat mesin beroperasi.

  1. Control panel

Mesin genset membutuhkan perangkat pengontrol untuk memudahkan navigasi. Untuk itulah terdapat control panel sebagai tampilan pengguna yang akan memudahkan kita dalam pengoperasian.

  1. Rangka

Semua komponen tersebut akan digabungkan ke dalam rangka utama untuk memudahkan dalam mobilisasi dan juga penyimpanan. Ini adalah rumah dari semua komponen dan merupakan cangkang dari sebuah genset.

Write a Reply or Comment