Agar Genset Tidak Mudah Rusak Perhatikan Hal-hal ini

gambar sewa genset untuk bisnis

Memang tidak dapat di pungkiri bahwa keberadaan genset saat ini sangat penting karena seringnya pemadaman listrik dari PLN dengan jangka waktu yang cukup lama menyebabkan sebuah perusahaan harus memiliki genset untuk pasokan sumber daya cadangan di dalam perusahaan tersebut. Sehingga ketika listrik padam sebuah perusahaan tidak akan kebingungan karena tugas pekerjaan yang belum selesai. Genset sendiri adalah sebuah alat yang memiliki ukuran cukup besar dan berperan sebagai sumber listrik cadangan ketika sumber listrik utama mati. Sebuah perusahaan atau utamanya rumah sakit dan lembaga pendidikan memang harus memiliki sebuah genset di dalam gedung mereka paling sedikitnya satu. Agar ketika terjadi pemadaman listrik aktifitas yang ada di dalam gedung tersebut tidak berhenti.

Coba bayangkan jika sebuah rumah sakit tidak memiliki genset tentu ketika terjadi pemadaman listrik maka seluruh aktifitas yang ada di dalam rumah sakit tersebut lumpuh atau berhenti sebab seperti yang kita lihat di dalam rumah sakit mayoritas peralatannya adalah barang elektronik yang harus selalu terhubung ke listrik. Oleh karena itu sebuah rumah sakit ataupun lembaga kesehatan yang lainnya haruslah memiliki minimal satu buah genset agar ketika listrik padam seluruh aktifitas di dalam rumah sakit tersebut tidak ikut berhenti. Mengingat sebuah harga genset yanmar terbilang cukup mahal maka beberapa kiat-kiat berikut ini dapat Anda lakukan untuk menjaga sebuah genset agar tidak mudah rusak.

Selalu cek kondisi aki, seperti kendaraan bermotor maupun mobil sebuah genset juga menggunakan aki yang berperan sebagai sumber daya utamanya. Kualitas aki yang baik akan mempengaruhi kualitas genset yang Anda miliki. Oleh karena itu sebelum membeli sebuah aki pastikan terlebih dahulu bahwa aki tersebut sudah teruji dan memang memiliki kualitas tinggi dan tidak mudah rusak. Lakukan cek berkala pada mesin aki dan ketika aki sudah tidak memungkinkan untuk menyalakan sebuah genset maka segera ganti aki tersebut agar kualitas genset Anda juga terjaga dan tidak mudah rusak.

Gunakan genset secukupnya, ketika Anda baru membeli genset maka di dalam kardus genset tersebut pasti ada buku panduannya. Selalu baca apa saja yang ada di dalam buku panduan pengoperasian genset tersebut utamanya tentang berama lama genset bisa di gunakan. Jangan gunakan genset melebihi batas waktu yang sudah di tentukan karena bisa menyebabkan arus listrik di dalam genset tidak stabil sehingga genset menjadi cepat sekali rusak. Selalu panaskan genset sebelum di gunakan, meski genset berperan sebagai pengganti sumber daya utama bukan berarti Anda tidak perlu memanaskannya sebelum di gunakan. Proses pemanasan genset meskipun tidak di gunakan adalah hal yang penting dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Karena pemanasan mesin genset ini akan menjaga daya hidup genset Anda menjadi lebih lama dan genset yang Anda miliki tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Perhatikan lokasi penyimpanan genset, genset merupakan sebuah alat yang mudah rusak jika sering terkena sinar matahari langsung ataupun air hujan secara terus menerus tanpa atap. Oleh karena itu perhatikan tempat Anda menyimpan genset Anda dan usahakan Anda menyimpan genset tersebut di dalam tempat yang teduh dan terhindar dari air hujan. Jangan gunakan genset saat bahan bakar kosong, selalu cek bahan bakar yang ada di dalam genset sehingga genset tidak mudah rusak. Itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga genset Anda agar tetap dalam kondisi prima.

Write a Reply or Comment