Apa Saja Yang Perlu Dicek Dari Genset? Lihat Daftarnya Di Sini

komponen-komponen dari genset
ilustrasi

Sejak pertama kali ditemukan oleh duo ilmuwan terkenal dunia, Michael Faraday dan Rudolph Diesel di tahun 1831 lalu, sampai saat ini genset sudah mengalami berbagai perkembangan. Berawal dari sebuah induksi elektromagnetik sederhana yang dikembangkan menjadi generator modern, lalu menjadi generator diesel, kini pemakaian genset tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Genset sendiri kemudian dipatenkan pad atahun 1892 dan sampai saat ini sudah banyak sekali jenis genset yang ada di pasaran.

Dengan makin meningkatkan konsumsi listrik, sedangkan kadang pasokan listrik tidak stabil, genset pun menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menghasilkan daya listrik dengan biaya terjangkau. Di Indonesia sendiri, genset merupakan salah satu alat yang sangat diandalkan untuk berbagai aktivitas. Mulai dari penggunaan skala rumahan, di kantor, sampai dengan di pabrik-pabrik besar. Sayangnya, banyak pengguna genset yang kurang aware dengan perawatan dan pengecekan genset. Padahal hal tersebut perlu sekali dilakukan untuk menghindari kerusakan dan hal lain yang tidak diinginkan dari genset.

Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda cek dari genset supaya performanya selalu terjaga:

Body Genset

Hal pertama yang wajib Anda cek secara berkala dan juga paling mudah pengecekannya adalah body genset. Body genset ini merupakan bagian terluar dari genset yang melindungi pengguna dari panas dan bahaya tersetrum. Nah, Anda perlu mengecek bagian ini secara berkala untuk mengetahui apakah terdapat karat. Jika terlihat ada karat pada body genset, itu artinya peletakannya kurang pas dan harus dipindahkan. Sebab karat muncul karena kelembapan yang sangat tinggi dan jika terus dibiarkan bisa mengganggu komponen bagian dalam genset. Yang terbaik genset harusnya diletakkan di tempat yang kering dan tidak lembap.

Bagian Bahan Bakar

Bagian yang kalah pentingnya untuk dicek adalah di sekitar bahan bakar. Di sini Anda perlu memastikan kalau setiap bagiannya sangat bersih dan tidak ada bekas tetesan bensi ataupun solar. Sering sekali pengisian bahan bakar dilakukan dengan kurang berhati-hati sehingga kemudian tumpah dan menetes di sekitarnya. Meski jumlahnya hanya sedikit, bahan bakar tetaplah bahan bakar dan bisa memicu percikan api. Maka dari itu, setiap selesai mengisi bahan bakar, Anda harus selalu membersihkan setiap bagiannya dan memastikan kalau tidak ada sisa atau kerak yang menempel. Jangan lupa juga untuk menjauhkan wadah bahan bakar dari genset yang menyala.

Sparepart Genset

Berikutnya, pastikan untuk selalu mengecek sparepart genset. Dalam hal ini, sparepart sangatlah berperan dalam memastikan kinerja genset selalu optimal. Kadang kala, ada sparepart yang aus karena terlalu panas atau terlalu tinggi bebannya saat menyala dan harus segera di ganti. Namun tanpa pengecekan secara berkala satu persatu, tentu Anda tak akan bisa mengetahui sparepart mana saja yang perlu diganti. Maka dari itu, pastikan rajin membuka genset dan mengecek sparepartnya satu persatu. Saat menggantinya, pilih produk asli dan berkualitas yang meski lebih mahal tapi jelas lebih terpercaya dan tahan lama

Nah, kini Anda tahu kan, kalau banyak sekali pengecekan yang harus dilakukan untuk menjamin genset bisa terus beroperasi dalam waktu lama? Pastikan pengecekan ini dilakukan setiap beberapa bulan sekali untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Saat ada kerusakan, jangan ragu untuk segera membawanya kepada yang ahli supaya bisa diperbaiki.

Write a Reply or Comment