Apa Saja yang Perlu Dilakukan Dalam Perawatan Genset?

perawatan genset ABC Power

Jika Anda jual genset atau pemilik genset pribadi, pernahkah Anda berpikir seberapa lama umur genset yang Anda miliki atau jual tersebut? Apakah genset akan kuat bertahan hinggak bertahun-tahun? Atau bahkan bisa sampai puluhan tahun?

Rupanya genset bisa bertahan hingga 20-30 tahun asalkan dengan perawatan yang benar. Cara paling mudah untuk merawat genset adalah dengan menerapkan sebuah program perawatan preventif atau perawatan siaga. Intinya pada perawatan ini adalah mengupayakan untuk membuat genset awet dan tahan lama agar tak perlu membuang uang untuk memperbaiki maupun membeli baru.

Pemeliharaan atau perawatan preventif pada genset dilakukan dengan berdasar kepada jam mesin dan juga periode waktu. Jadwal perawatan harus bisa disesuaikan sedemikian rupa sehingga metode preventif dapat dilakukan. Selain itu siklus perawatan ini digunakan guna memenuhi kebutuhan yang lebih spesifik.

Intinya, seberapa banyak perawatan sepenuhnya bergantung pada seberapa banyak jam per tahun unit genset beropreasi. Semakin banyak jam yang digunakan dalam 1 tahunnya, maka genset tersebut semakin memerlukan perawatan ekstra. Dalam hal ini lingkungan juga sangat berpengaruh, semakin kotor dan berdebu sebuah lingkungan, maka perawatan preventif akan semakin sering dilakukan

Bagaimana proses perawatan genset yang dilakukan secara berkala?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan sebuah mesin genset secara berkala, yaitu:

Pastikan kebersihan generator atau mesin utama terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada tikus maupun binatang lain yang tinggal di mesin Anda. Hal ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan mesin genset. Jika mesin Anda bersih, makan proses perawatannya akan jauh lebih mudah.

Periksa seberapa level minyak yang ada saat genset dalam keadaan mati

Anda perlu memeriksa level minyak pada genset Anda dengan mematikan mesin terlebih dahulu. Jika pada saat itu genset masih dalam keadaan menyala, diamkan dan tunggu 10 menit setelah genset mati baru kemudian periksa level minyaknya. Sebisa mungkin pertahankan level minyak untuk mendekati tanda penuh tanpa overfilling sama sekali.

Mengecek level tangki untik memastikan pendingin cukup

Cek level tangki tangkapan pada mesin genset Anda untuk melihat dan memastikan apakah genset Anda sudah cukup dingin. Periksalah tingkat bahan bakar dan pemisahnya lalu tambahkan bahan bakar serta tiriskan air dari pemisah. Semua ini perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Pastikan tidak ada klem yang longgar maupun korosi pada terminal kabel

Anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada satu komponen pun yang longgar maupun mengalami kebocoran pada sambungan kawatnya. Korosi dan kerusakan juga pastikan tidak ada, jika ada sebaiknya sudah diketahui di awal sehingga kerusakannya tidak semakin parah.

Setelah melakukan proses perawatan secara berkala seperti yang ada diatas, Anda pun perlu melakukan pengecekan perawatan dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Jalankan genset Anda dengan siklus pengalihan otomatis
  2. Pastikan unit berjalan dengan normal tanpa peringatan
  3. Pastikan bahan bakar aman dan memadai
  4. Pastikan genset berada di mode ‘auto’ untuk genset otomatis
  5. Lihat dahulu apakah penutup arus sudah ditutup atau belum
  6. Pastikan tidak ada cairan yang bocor

Seperti halnya mobil, motor, dan mesin lainnya, genset merupakan peralatan mekanik yang justru akan mengalami kerusakan jika jarang dipakai atau tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, selain jual genset Anda perlu memanaskan mesin selama 5-10 menit setiap 3 hari sekali meskipun sedang tidak digunakan.

Itu dia beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan dalam rangka perawatan genset. Selamat mencoba!

Write a Reply or Comment