Awas, Hal-Hal Ini Bisa Perpendek Usia Genset Anda!

Kebiasaan yang merusak genset

Genset atau generator set merupakan sebuah alat yang bisa menghasilkan energi listrik dari pembakaran solar, bensin, atau bahan lainnya. Nah, genset sendiri sebenarnya termasuk alat yang tahan banting dan bisa digunakan dalam waktu lama di berbagai kondisi. Tapi di sisi lain, genset juga bisa lebih mudah rusak jika Anda menggunakannya dengan sembarangan. Penting sekali untuk selalu memperhatikan buku manual penggunaan karena setiap merek genset biasanya memiliki cara penggunaan dan perawatan yang berbeda pula.

Nah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan genset supaya tidak mengurangi usianya, seperti berikut ini:

Jangan mengisi bahan bakar saat mesin masih panas

Tangki bahan bakar generator selalu berada di atas mesin sehingga mereka dapat langsung menurunkan bahan bakar ke karburator. Tetapi pengaturan yang terlihat praktis itu bisa berubah menjadi bencana jika Anda menumpahkan bahan bakar saat melakukan pengisian. Coba bayangkan apa yang terjadi saat Anda menumpahkan bahan bakar dalam kondisi mesin masih panas. Akan muncul percikan api dan yang terparah adalah ledakan yang jelas tidak hanya akan membuat genset rusak tapi juga membahayakan Anda yang berada di sekitarnya. Maka dari itu, tak ada ruginya menunggu hingga beberapa menit sampai mesin genset benar-benar dingin dan baru setelah itu Anda bisa memasukkan bahan bakar. Hal ini berlaku untuk jenis genset apapun ya, termasuk jika Anda memiliki genset Cummins atau Lovol.

Pastikan tidak menggunakan bahan bakar yang sudah lama

Bahan bakar basi adalah salah satu penyebab utama masalah pada generator. Ya, Anda tak salah baca! Bahan bakar juga bisa ‘basi’ karena terlalu lama disimpan dan kemudian membentuk kerak yang menjadikan kualitas dari bahan bakar tersebut menurun. Terlebih lagi, pada genset biasanya tempat untuk bahan bakar sangat jarang dibersihkan sehingga di dalamnya banyak sekali kerak tebal yang menjadikan kinerja genset kurang maksimal. Pastikan Anda selalu mengganti bahan bakar dengan rutin dan membersihkan bagian dalam tangki bahan bakar dari kerak maupun lapisan yang mengganggu.

Berhati-hatilah dengan backfeeding

Backfeeding merupakan aliran arus listrik yang berjalan berlawanan arah dari yang seharusnya, sehingga bisa bertabrakan dengan arus lain dan menimbulkan korsleting serta ledakan. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda memakai kabel yang tidak sesuai atau bukan jenis heavy duty. Jika kabel tidak kuat menahan arus genset yang cukup besar, maka backfeeding ini bisa terjadi dan menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kabel sampai tersentuh, maka orang tersebut juga rentan tersetrum arus tegangan tinggi yang bisa menyebabkan kematian.

Pastikan genset aman dengan kunci

Anda pasti sudah tahu kalau genset sebaiknya tidak diletakkan di dalam ruangan karena bisa beresiko menimbulkan keracunan  karbon monoksida. Nah, saat genset diletakkan di luar ruangan, Anda perlu memastikan dengan baik keamanannya. Sebab meski genset memang berat dan sulit dipindahkan, tapi harga genset yang cukup mahal menjadikannya incaran para pencuri. Jadi sebaiknya Anda kunci genset supaya tidak mudah dipindahkan. Atau  lebih baik lagi jika genset dimasukkan ke dalam kotak berbentuk seperti kandang sehingga lebih aman dari pencurian. Pastikan juga memberikan atap di bagian atas genset supaya tidak terkena hujan dan panas secara langsung yang bisa menyebabkan korosi dan kerusakan genset.

Write a Reply or Comment