Awas, Jangan Sampai Genset Over Heat!!!

genset overheat
ilustrasi

Genset atau generator set merupakan seperangkat alat yang bisa menghasilkan energi listrik melalui pembakaran bensin atau solar. Di dalam genset juga terdapat berbagai komponen yang memastikannya bisa bekerja dengan baik. Namun pernahkah Anda mengalami genset yang over heat alias terlalu panas hingga kemudian mati dengan sendirinya? Proses matinya genset ini memang ditujukan untuk menghindari adanya ledakan pada mesin yang bisa menyebabkan genset terbakar.

Nah, lalu hal apa yang bisa menyebabkan over heat? Over heat ini bisa terjadi karena banyak hal, dan Anda dapat mengetahuinya melalui informasi berikut:

Habisnya Air Radiator

Penyebab paling sering dari terjadinya over heat atau panas berlebih pada genset adalah ketika air radiator habis atau kering. Air radiator harus ada dalam volume tertentu yang menjadikannya bisa bekerja dengan baik. Jika volume air radiator berkurang atau bahkan habis sama sekali, jangan heran jika kemudian genset mengalami panas berlebih. Maka dari itu, kondisi air radiator ini harus diperiksa secara seksama setiap waktu yang rutin. Kalau mengetahui air radiator mulai habis atau kering, Anda harus segera mengisinya kembali.

Kurangnya Pelumas Mesin

Karena mesin di dalam genset terus bergerak, bekerja, dan bergesekan satu sama lain, maka ada kemungkinan materialnya menjadi aus dan keropos. Untuk menghindari hal ini terjadi, perlu diaplikasikan minyak pelumas pada bagian mesin untuk mengurangi gesekan antar komponen. Nah, minyak pelumas mesin ini juga akan membantu meringankan kerja genset sehingga tidak over heat. ketika minyak pelumas sudah habis atau mengering, otomatis gesekan antar komponen dalam genset tidak bisa terhindarkan sehingga over heat pun terjadi.

Tali Kipas Yang Putus

Udara panas yang dihasilkan dari kinerja mesin di dalam genset akan didorong keluar oleh kipas radiator. Nah, kipas radiator ini bisa bekerja dengan adanya putaran mesin yang terhubung melalui fan belat alias tali kipas. Jadi jika tali kipas terputus, otomatis mesin tidak berputar dan radiator pun tidak bisa mendorong udara panas keluar dari dalam genset. Jika hal ini terus dibiarkan, maka tentu saja di bagian dalam genset akan sangat panas dan bisa menimbulkan ledakan jika panasnya sudahbenar-benar tidak bisa dikontrol lagi. Tali kipas ini juga termasuk salah satu bagian yang harus diganti dengan rutin karena pasti akan aus seiiring berjalannya waktu.

Rusaknya Tutup Radiator

Banyak orang yang menganggap kaalau tutup radiator bukanlah bagian yang penting untuk kinerja mesin. Tapi sebenarnya, tutup radiator ini memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk menjaga agar tekanan udara di dalam radiator tetap tinggi dan titik didihnya terjaga, sehingga radiator bisa membantu mendinginkan mesin. Kalau tutup radiator rusak dan terbuka, maka tekanan udara di dalam radiator akan keluar yang menyebabkan radiator kehilangan fungsinya untuk mendinginkan mesin. Selain itu, adanya kerak pada saluran radiator juga bisa menyebabkan over heat. Adanya kerak ini akan menyumbat aliran air yang ada pada radiator dan berfungsi untuk mendinginkan mesin.

Nah, supaya genset bisa terus berfungsi dengan baik, pastikan Anda selalu melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Tak peduli genset murah atau mahal, setiap genset membutuhkan perawatan yang sama untuk menjaga kondisi mesin supaya tetap prima dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Write a Reply or Comment