Awas, Perawatan Keliru Bikin Barang Elektronik Anda Cepat Rusak

barang elektronik
ilustrasi

Di zaman serba canggih seperti saat ini memang sangat tak mungkin hidup tanpa barang elektronik. Bahkan bisa dibilang mulai dari membuka mata di pagi hari sampai dengan memejamkan mata di malam hari, Anda akan selalu bersentuhan dengan barang elektronik. Maka dari itu, menjaga dan merawat barang elektronik sebaik mungkin menjadi hal yang perlu Anda lakukan. Sebab jika tidak, Anda akan mengeluarkan banyak dana untuk reparasi atau malah harus membeli lagi yang baru.

Nah, beberapa hal berikut ini merupakan tips untuk menjaga supaya barang elektronik kesayangan tidak cepat rusak:

Letakkan di Tempat Yang Datar dan Sejuk

Perlengkapan elektronik memiliki berbagai komponen di dalamnya yang dialiri listrik. apabila sirkulasi udara di dalam perangkat tersebut tidak lancar, maka akan timbul panas berlebih atau sering disebut dengan over heat. Jika terus dibiarkan, over heat ini bisa menyebabkan korsleting dan berbagai kerusakan lainnya. Untuk menghindari over heat ini, Anda sebaiknya meletakkan perangkat elektronik di tempat yang datar dan sejuk sehingga panas di dalam alat bisa mengalir keluar. Namun pastikan juga Anda menghindarikan barang elektronik dari area lembap. Sebab kelembapan tersebut bisa merusakn komponen dalam barang elektronik.

Matikan Secara Berkala

Akuilah, Anda pasti terbiasa membiarkan beberapa barang elektronik terus menyala selama 24 jam, misalnya televisi. Kadang orang sama sekali tak menonton televisi tapi terus membiarkannya menyala hanya untuk meramaikan suasana. Padahal jika dibiarkan terus menyala, maka komponen yang ada di dalamnya akan terus bekerja tanpa henti dan menyebabkan kerusakan lebih cepat dari waktunya. Untuk barang elektronik seperti kulkas, Anda bisa mematikannya 2 minggu sekali sekaligus membersihkan isi di dalamnya. Pastikan juga untuk melepas colokan listrik pada barang elektronik usai mematikannya.

Bersihkan Debu Secara Teratur

Mungkin selama ini tak terlihat dengan mata telanjang, tapi kalau mencoba menyentuhnya, Anda akan menyadari bahwa barang elektronik yang setiap hari dipakai ternyata sangat berdebu. Jika debu ini tidak Anda bersihkan, maka bisa jadi akan masuk ke bagian dalam dan mengganggu kerja komponen berukuran kecil. Saat membersihkannya, lap dengan kain lembap sehingga debu bisa menempel dan tidak semakin bertebaran. Lakukan pembersihan secara teratur. Jika memang suatu barang elektronik jarang digunakan, lebih baik tutup dengan plastik atau kain.

Hindari Memperbaikinya Sendiri

Kalau Anda merasa ada hal yang tidak beres pada barang elektronik yang dimiliki, jangan langsung membongkar dan memperbaikinya sendiri. Memang sih, saat ini sudah banyak tutorial memperbaiki berbagai benda yang ada di YouTube. Tapi tetap saja kalau Anda tak punya pengalaman sama sekali, bisa-bisa kerusakan malah makin parah. Atau jangan-jangan Anda malah Anda menghilangkan komponen-komponen kecil yang ada di dalamnya. Jadi dari pada berspekulasi, lebih baik Anda mengeluarkan sedikit uang untuk membawanya ke tukang reparasi. Atau kalau barang elektronik masih punya garansi, sebaiknya Anda membawanya ke toko resmi pada saat membelinya.

Pastikan Kestabilan Listrik

Arus listrik yang naik turun tak stabil juga bisa menyebabkan kerusakan pada barang-barang elektronik. Apalagi kalau sering terjadi pemadaman, bisa jadi barang elektronik akan lebih mudah menua. Maka dari itu, lebih baik Anda menyediakan genset yang akan menjadi back up energi listrik saat terjadi pemadaman. Jadi ketika mati listrik, barang-barang elektronik Anda akan tetap aman. Banyak kok, genset dengan harga genset murah dengan kualitas jempolan seperti merek Cummins dan Lovol.

Write a Reply or Comment