Bagaimana Sih, Prosedur Pemasangan Genset Yang Benar Dan Aman?

Kualitas genset silent abc power

Sama seperti halnya produk eletronik, genset juga harus di perhatikan panduan dan cara pemasangannya. Jangan meremehkan hal ini meski genset terkesan sebagai mesin yang kokoh dan tidak mudah rusak. Sebab untukgenset sendiri, sudah ada standar pemasangan dan pengoperasian yang diatur untuk melindungi para pengguna. Lalu dari mana Anda bisa mengetahui hal ini? Yang pertama, tentu Anda bisa menanyakan cara pemasangan genset yang baik dan benar kepada pagawai toko di tempat Anda membelinya.

Yang bersangkutan pasti akan memberikan penjelasan sedetail mungkin mengenai cara pemasangan genset yang benar dan juga hal-hal lain yangperlu Anda jadikan perhatian. Kalau pun tidak bertanya kepada pegawai tokotempat Anda membelinya, sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui prosedur pemasangan genset yakni melalui buku panduan. Beberapa jenis genset memiliki buku panduan yang berisi tata cara pemasangan dan bagaimana cara memaksimalkan sistem keamanan genset pada saat digunakan.

Atau Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait pemasangan genset melalui internet. Saat ini sudah banyak sekali informasi mengenai genset baik dalam bentuk artikel maupun video di YouTube. Menonton langsung videonya bisa jadi akan jadi cara terbaik untuk memahami hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemasangan genset. Atau Anda juga bisa meminta bantuan ahli maupun orang berpengalaman untuk memasangkan genset.

Jangan berpikiran untuk coba-coba memasang sendiri jika Anda memang tidak tahu cara untuk melakukan pemasangan. Sebab ada resiko besar yang mengintai jika sampai ada kesalahan teknis yang menyebabkan kebocoran listrik,percikan api, maupun hal berbahaya lainnya. Maka dari itu, pastikan selalumemperhatikan prosedur pemasangan genset yang baik dan benar.

Yang pertama, pastikan mengecek terlebih dahulu kondisi genset sebelum memasangkan. Pada saat pengiriman, bisa saja terjadi benturan atau guncangan yang menyebabkan genset menjadi rusak. Mendeteksi kerusakan sejak dini akan jadi cara terbaik untuk mencegah hal yang tidak diinginkansetelah genset dioperasikan. Berikutnya, Anda perlu mengetahui apakah kapasitasyang dimiliki genset sudah mencukupi untuk mengcover berbagai peralatan elektronikmaupun benda yang membutuhkan listrik. Berikutnya, cari lokasi yang pas untukmeletakkan genset tersebut. Cara mencari lokasi yang tepat adalah memilih yangjauh dari pemukiman maupun ruangan padat orang. Sebaiknya letakkan genset diluar ruangan dan berikan atap untuk menghindarkannya dari hujan dan panas.

Tapi kalau Anda terpaksa meletakkan di luar ruangan,pastikan bahwa ruangan tersebut cukup luas dan memiliki ventilasi udara yangbaik. Anda sebaiknya juga memberikan alas di bawah genset yang merupakan isolator alias bukan penghantar listrik. Anda bisa menaruh kayu di bagian bawah genset yang akan berfungsi sebagai isolator seandainya terjadi kebocoran listrik. Meletakkan genset langsung di atas tanah juga bisa mencegah meluasnyalistrik yang bocor. Namun dikhawatirkan tanah yang lembap akan menjadikan genset mudah berkarat.

Berikutnya, pastikan semua kabel yang terhubung dengan genset adalah benar-benar kabel yang bisa menahan tegangan dari genset tersebut. Jangan pernah langsung mencolokkan berbagai alat elektronik langsungke genset. Sebab tegangan yang terlalu tinggi bisa merusak kabel bahkanmenimbulkan ledakan pada alat tersebut. Selalu gunakan transfer switch untukmenghubungkan genset dengan perlatan eletronik yang membutuhkan alira listrik.Anda juga harus memastikan untuk membeli genset berkualitas dengan hargaterjangkau yang ramah di kantong. Berbagai jenis genset murah bisa Anda dapatkan di ABC Power.

Write a Reply or Comment