Bantuan Luar Negeri Untuk Palu, Mulai Dari Genset Hingga Fogging

bantuan genset untuk palu

Duka masyarakat Palu saat terjadinya bencana gempa dan tsunami di akhir September lalu tak hanya menjadi duka masyarakat Indonesia. Publik luar negeri juga turut bersimpati, terbukti banyak sekali bantuan yang diberikan. Pemerintah sendiri menerima banyak bantuan dari negara lain untuk membantu memulihkan kondisi masyarakat Palu pasca gempa. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Menteri Koordinasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto beberapa waktu lalu.

Ia menyatakan bahwa berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat Palu, mulai dari kurangnya tenda untuk pengungsian, air bersih yang sangat terbatas, listrik yang tidak ada, semuanya sudah diperhatikan oleh pihak luar. Banyak sekali bantuan yang diberikan termasuk genset untuk memastikan ada ketersediaan listrik di Palu dan sekitarnya. Listrik sendiri sangat penting karena menjadi sumber untuk melakukan banyak hal termasuk proses evakuasi dari para korban. Relawan juga sangat membutuhkan listrik untuk membantu memasak, mengobati para korban luka, serta menyediakan kebutuhan lain seperti tempat tinggal yang nyaman dan hangat untuk korban bencana.

Tak cuma itu saja, pemerintah juga akan menerima bantuan lainnya di dalam bidang medis. Untuk yang satu ini, akan dibangun rumah sakit lapangan, alias rumah sakit yang terletak di luar ruangan dengan tenda-tenda darurat. Hal ini terpaksa dilakukan karena banyak sekali rumah sakit yang ikut hancur akibat gempa sehingga pasien harus diungsikan sementara. Selain itu, ada juga bantuan fogging yang akan dilakukan di Palu dan sekitarnya.

Fogging ini harus dilakukan untuk mencegah persebaran penyakit yang berkepanjangan. Sebab dengan banyaknya jenazah korban yang masih belum bisa diangkat dari balik reruntuhan. Jenazah korban ini jelas akan membusuk seiring berjalannya waktu dan dikhawatirkan jenazah yang membusuk tersebut bisa menyebarkan banyak penyakit. Hal ini seperti halnya yang pernah terjadi di Aceh pada watu gempa dan tsunami tahun 2006 lalu. Saat itu ada banyak bibit penyakit bermunculan dikarenakan penanganan yang kurang terhadap jenazah yang masih belum bisa dievakuasi.

Untuk fogging ini, akan dilakukan koordinasi antara Kementerian Luar Negeri dengan beberapa duta besar dari negara-negara yang akan menyumbang untuk Indonesia.Sedangkan untuk genset sendiri, tidak hanya negara tetangga saja yang turut membantu, tapi banyak juga lembaga dalam negeri maupun perseorangan yang mengirimkan genset ke Palu untuk kebutuhan pemulihan bencana.

Genset bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan listrik darurat

Tidak hanya untuk kondisi bencana saja, genset juga bisa dipakai untuk berbagai kondisi darurat lainnya pada saat pemadaman listrik. Pertama, genset ini akan sangat berguna di area perkantoran. Bisa dibayangkan, dalam sehari ada banyak sekali pekerjaan yang diselesaikan dengan bantuan PC atau pun laptop serta koneksi internet yang hanya bisa tersambung dengan adanya listrik. Jika tidak ada listrik, maka pekerjaan tidak akan terselesaikan dan dampaknya pun akan buruk bagi perusahaan. Dalam kondisi ini, genset menjadi solusi terbaik untuk memecahkan masalah ketiadaan listrik tersebut.

Lalu bagaimana cara memilih genset yang baik? Pertama, jangan hanya melihat harga genset murah saja, tapi pastikan juga kualitasnya. Memilih genset terpercaya seperti ABC Power bisa menjadi pilihan terbaik. Genset buatan dalam negeri ini memiliki kualitas yang sangat terpercaya. Carilah tempat jual genset ABC resmi sehingga Anda pun akan memperoleh produk asli dengan garansi.

Write a Reply or Comment