Begini cara kerja dinamo pada generator set

Pada sebuah generator set atau genset, dinamo genset adalah salah satu komponen yang bekerja secara mekanik memutar magnet. Dalam kondisi ini dinamo harus menciptakan fluks magnetic untuk bisa terus menghasilkan tenaga listrik. Fluks magnetic yang terus berubah ini bisa didapatkan dari gerakan magnet pada kumparan atau sebaliknya dengan menggunakan energi dari sumber yang berbeda. Biasanya sumber yang digunakan adalah angina atau air yang akan memutar baling-baling turbin agar magnet bisa bergerak. Lalu bagaimana sebenarya kerja dinamo pada generator set?

Genset adalah alat yang bisa mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sistem generato penyaluran adalah generator listrik yang terdiri dari panel, biasanya berasal dari energi solar dan kincir angin. Genset ini bisa dijadikan cadangan listrik atau off grid, yaitu sumber daya yang tergantun atas kebutuhan pemakainya. Ini yang membuat genset sering digunakan pada sektor industri untuk mendapatkan listrik yang stabil dan juga di rumah sakit yang membutuhkan aliran listrik besar sebagai sumber daya yang menghidupkan peralatan rumah sakit. Pada umumnya rumah sakit akan beli genset silent untuk menghindari suara berisik yang akan mengganggu ketenangan rumah sakit.

Secara teori, genset adalah mesin yang bisa merubah energi mekanik menjadi sumber daya listrik dengan proses induksi elektromagnetik dalam implementasinya. Energi listrik yang dihasilkan pada mesin genset diperoleh dari prime mover dan juga komponen yang disebut dengan alternator. Dengan desain yang cukup baik, genset bisa menyuplai energi listrik dan menjadikannya sebagai beban prioritas. Kamu bisa melihat daftar harga genset murah untuk bisa memilih mana genset yang terbaik untukmu.

Pada penerapannya, gesneti adalah bagian dari generator yang memiliki sistem generator listrik sendiri dari panel-panel dan dimanfaatkan menjadi energi solar denagn penyaluran energi yang benar. Kamu harus tahu bahwa di dalam dinamo genset terdapat kincir penggerak.

Pada generator AC, terdapat dua komponen utama yaitu stator dan rotor. Stator merupakan bagian diam dari generator yang berfungsi mengeluarkan tegangan bolak balik. Stator ini terdiri dari badan generator dari material baja. Nantinya material baja generator ini akan melindungi bagian dalam generator, kotak terminal, dan juga name plate generator. Sementara itu rotor adalah bagian yang bergerak dan menghasilkan medan magnet yang akan menginduksi stator. Dalam genset, rotor ini berbentuk salient atau kutub sepatu dengan celah udara yang rata.

Banyak produsen dan distributor genset yang memberikan garansi pada konsumen yang telah memilih produk mereka dengan jaminan penggantian spare part yang maskimal. Tentu dinamo termasuk ke dalam salah satu komponen yang mendapatkan jaminan garansi karena memang pada sebuah genset, dinamo berperan penting untuk menghasilkan arus listrik. Dinamo yang diperlukan di setiap genset juga berbeda sesuai dengan kapasitas genset untuk menghasilkan aliran listrik. Jadi buat kamu yang sedang mencari genset murah atau sewa genset murah, pastikan kamu tahu tentang komponen dinamo ini agar dikemudian hari bisa menyisihkan uang untuk mengganti dinamo yang sudah tak berfungsi dengan baik. Jangan salah membeli komponen dan utamakan membeli komponen dinamo dari toko distributor resmi yang ditunjuk atau toko tempat kamu membeli genset di awal. Saat ini banyak komponen palsu  yang juga dijual bebas di pasaran sehingga kamu harus berhati-hati dalam mencari komponen pendukung untuk genset seperti dinamo genset.

 

Write a Reply or Comment