Begini Cara Merawat Radiator pada Genset

Radiator Genset ABC Power

Genset merupakan mesin elektronik yang dapat digunakan untuk mencipatakan aliran listrik pada rumah tangga, pertokoan, pabrik atau rumah sakit saat terjadi pemadaman. Genset dalam perkambangannya tidak hanya dipakai dalam rumah tangga di perkotaan saja, namun genset pun telah berkembang sampai ke desa-desa mengingat fungsinya yang penting.

Pada masyarakat desa terpencil, genset dibutuhkan untuk mengcover berbagai kebutuhan akibat minimnya listrik di pedasaan. Bahkan ada juga desa terpencil yang tak tersentuh oleh listrik sama sekali sehingga membutuhkan mesin genset murah. Genset bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama asalkan perawatannya tepat dan sesuai dengan prosedur yang ada.

Tanpa perawatan yang tepat, genset Anda akan mudah rusak dan tak berfungsi lagi. Padahal jika genset sudah terlanjur rusak, maka Anda harus membeli lagi mesin yang baru dan semuanya harus dimulai dari awal lagi. Salah satu komponen pada mesin genset yang pelru dipethatikan perawatannya adalah radiator. Radiator yang tidak dirawat akan cepat panas dan mesin pun tidak berfungsi dengan baik layaknya mesin mobil yang radiatornya rusak.

Cara Merawat Radiator Genset

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat radiator pada genset Anda.

  1. Gunakan radiator coolant untuk media heat transfer

Saat ini radiator yang baik dan tahan lama adalah radiator yang diisi dengan coolant untuk media heat transfernya. Radiator coolant juga biasa dipakai untuk mobil-mobil keluaran terbaru sehingga kualitasnya pun terjamin. Dengan menggunakan radiator coolant ini, mesin genset Anda akan lebih terawat dan tahan lama.

  1. Periksa isi air radiator secara rutin

Air radiator yang habis akan menyebabkan mesin panas dan berpotensi terbakar. Jika sudah panas, potensi kerusakan pada mesin pun akan terjadi. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memeriksa air radiator secara berkala agar mesin genset bisa berfungsi dengan lancar dan baik.

  1. Periksa suhu radiator secara berkala

Selain itu Anda juga perlu kerap memeriksa suhu pada radiator genset secara rutin. Jangan sampai radiator panas atau overheat. Jika hal ini terjadi, maka segeralah service radiator Anda pada ahlinya agar masalah segera teratasi.

Langkah service radiator

Berikut ini adalah beberapa langkah yang akan dilakukan untuk service radiator, antara lain:

  1. Melakukan pembersihan core radiator dari debu dan juga kotoran yang menempel dengan cara ditiup atau disemprot dengan air

Hal ini akan membuat radiator terbebas dari debu yang mengganggu kinerja dari radiator sendiri. Air dan udara akan membuat radiator kembali berfungsi dengan baik.

  1. Melakukan pembersihan lubang tube radiator

Pada bagian lubang tube radiator juga perlu dibersihkan dari berbagai debu dan kotoran yang menempel dengan cara disodok atau dikorok. Hanya dua cara inilah yang bisa dilakukan untuk membersihkan lubang tube radiator yang sulit dibersihkan.

  1. Melakukan soldering core radiator jika terjadi kebocoran

Jika tingkat kerusakan radiator sudah cukup tinggi hingga menimbulkan kebocoran, maka cara lain yang digunakan adalah dengan melakukan soldering pada bagian core radiator atau radiator inti. Dengan soldering ini fungsi radiator akan kembali normal dan radiator pada mesin genset bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

Itulah beberapa hal mengenai perawatan radiator pada mesin genset yang perlu Anda ketahui. Jika radiator genset sehat, maka mesin juga akan sehat dan bisa dijalankan dengan baik dan lancar.

 

Write a Reply or Comment