Begini Prosedur Penggunaan Genset Yang Benar

genset diesel indonesia

Harga Genset Murah – Genset adalah alat yang sangat diibutuhkan sebagi sumber daya arus listrik. Kita tahu kehidupan saat ini tak bisa lepas dari barang-barang elektronik juga sarana dan prasarana yang juga membutuhkan listrik sebagai sumber dayanya. Kehadiran genset bagaikan angina segar mengingat listrik yang disediakan pemerintah masih sering tidak stabil dan terjadi pemadaman tiba-tiba. Namun meski sudah familiar dengan barang ini, masyarakat masih banyak yang belum bisa mengoperasikannya sesuai dengan prosedur operasional dari pabrik. Sehingga meski terdapat genset silent di sebuah tempat, tapi tidak semua paham menggunakannya.

Untuk itu anda perlu mengetahui dan memahami prosedur pengoperasian genset murah dengan baik dan benar. Meski genset yang ada di pasaran terdiri dari banyak jenis dan merek, seperti misalnya genset perkins dan genset cummins tapi secara umum pengoperasiannya hampir sama.

  1. Periksa saklar PLN

Hal pertama yang mesti anda lakukan sebelum menghidupkan mesin genset adalah mengecek saklar PLN sudah dalam posisi OFF. Hal ini diutamakan untuk menghindari kecelakaan kerja saat saklar belum dalam kondisi OFF sedangkan aliran listrik dari genset sudah mengalir. Biasanya akan terjadi kecelakaan pertemuan arus listrik dari PLN dengan arus listrik dari genset. Mungkin sebagian anda akan kerepotan dengan hal ini, tapi ada alat yang bisa digunakan untuk mengatasinya yaitu ATS (automatic Transer Switch). Alat ini akan memindahkan panel secara otomatis sehingga kecelakaan kerja bisa dihindari.

  1. Periksa bahan bakar

Asupan bahan bakar tentu hal yang krusial untuk mengoperasikan genset. Jadi periksa apakah genset anda menggunakan solar atau bensi. Setalah itu rutinlah mengecek oli mesin untuk memastikan mesin siap digunakan sesuai prosedur. Jika anda berencana menggunakan genset dalam waktu yang lama, usahakan untuk menyiapkan bahan bakar agar bisa terus bekerja. Jangan sampai menghidupkan mesin dengan bahan bakar yang sedikit.

  1. Cara menyalakan genset

Pada genset yang menggunakan sistem elektrik, maka pengguna bisa dengan mudah menekan tombol starter atau memutar starting switch. Namun untuk genset manual, anda perlu menarik koil sampa genset menyala. Setelah mesin hidup dengan normal dan stabil, maka aliran listrik siap disambungkan ke perangkat elektronik.Jadi ketahui terlebih dahulu apakah genset anda menggunakan metode manual atau elektrik.

  1. Proses pemanasan

Genset yang tidak rutin digunakan atau hanya sebagai sumber listrik cadangan saja sebaiknya juga dirawat dengan cara dipanaskan. BIasanya anda bisa memanaskan genset ini seminggu sekali jika memang tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama. Ini bertujuan agar aki genset tetap dalam kondisi baik. Lakukan pemanasan minimal 5 hingga 10 menit agar mesin sempat merasakan putaran yang stabil dan pelumasan bekerja dengan sempuna ke seluruh bagian mesin genset.

  1. Proses running

Setelah mesin menyala dengan stabil, maka energi listrik yang dihasilkan juga akan stabil dan tentu bisa segera dialirkan ke perangkat elektronik yang ingin digunakan. Berarti anda harus menyiapkan beberapa perangkat lagi seperti kabel terminal untuk mengalirkan daya listrik ke  perangkat yang jauh.

  1. Mematikan genset

Setelah genset selesai digunakan maka anda bisa mematikan mesin genset sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pertama turunkan saklar pembebanan ke posisi off. Lalu bisarkan genset selama 5 menit agar mesin menghabiskan gas buang sepenuhnya. Setelah semua gas buang habis, cek starting switch pada posisi off. Ini berlaku untuk mesin genset diesel maupun mesin genset bensin.

 

Write a Reply or Comment