Lebih Untung Mana Beli Genset Baru Atau Second?

Pilih Genset Baru Atau Second
ilustrasi

Untuk Anda yang punya sebuah bisnis atau usaha, genset merupakan salah satu modal yang wajib untuk dimiliki. Mengapa wajib? Sebab ketika Anda menjalankan sebuah bisnis terutama di bidang produksi, setiap waktunya sangatlah berharga. Jadi ketika terjadi pemadaman listrik untuk beberapa jam, bisa dibayangkan ada berapa banyak kerugian yang Anda alami. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk memiliki genset. Sayangnya, harga genset yang tidak murah menjadikan tidak setiap orang bisa membelinya.

Tapi tenang saja, ada pilihan yang bisa Anda ambil yakni dengan membeli genset second alias bekas. Coba deh, bandingkan lebih untung mana membeli genset bekas atau baru?

Dari Seri Harga

Kalau dari segi harga, beli genset bekas atau second jelas lebih menguntungkan. Sebab Anda akan mendapatkan genset yang masih bisa digunakan dengan harga jauh lebih terjangkau. Bahkan selisih antara genset baru dan bekas juga cukup banyak. Sehingga Anda yang memiliki modal terbatas memang lebih baik membeli genset second. Saat ini genset second juga sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai pilihan daya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Dari Segi Merek

Kalau untuk merek, sebenarnya sangat fleksibel. Anda yang punya budget terbatas tapi ingin genset dengan merek terkenal, bisa memilih membeli yang second. Tapi di sisi lain, pilihan merek untuk genset second kadang juga terbatas. Belum tentu merek yang Anda inginkan ada yang versi bekasnya. Untuk harga beli genset bekas merek terkenal, biasanya memang sedikit lebih mahal dibandingkan genset yang mereknya tidak terlalu terkenal.

Variasi Genset

Untuk variasi gensetnya sendiri, jelas akan lebih banyak pilihan jika Anda membeli yang baru. Dengan mendatangi toko genset baru, ada banyak sekali pilihan merek, tipe, dan harga yang bisa Anda pilih. Sementara untuk genset bekas, variasinya tentu terbatas. Dan umumnya Anda tidak akan mendapatkan seri genset terbaru di bursa barang bekas. Mengapa demikian? Sebab genset yang masih baru rata-rata akan masih digunakan, berbeda dengan genset lawas yang banyak dijual untuk digantikan dengan yang tipenya lebih baru.

Performa Genset

Bicara tentang performa genset, sekarang banyak juga genset bekas yang bisa dibilang kualitasnya masih sangat baik. Tapi secara umum tentu saja genset baru memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan genset bekas. Jadi kalau Anda memang berharap genset bisa awet dalam waktu lama dan tidak sering rusak, membeli yang baru akan lebih baik. Tapi kalau Anda sekedar ingin menggunakannya untuk kondisi darurat atau dalam waktu singkat saja, jelas lebih baik membeli genset bekas.

Garansi Genset

Walau jarang, tapi Anda masih bisa mendapatkan genset bekas yang masih terjamin garansi. Biasanya, genset semacam ini masih baru tapi dijual kembali karena berbagai alasan salah satunya karena jarang dipakai atau si pemiliki lama butuh dana. Tapi memang lebih banyak genset bekas yang sudah lawas sehingga masa garasinya sudah habis. Kalau membeli genset baru, jelas Anda akan mendapatkan garansi yang menjamin kerusakannya.

Membeli genset baru atau bekas masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi tinggal Anda pertimbangkan mana yang dirasa lebih baik dan cocok untuk kondisi keuangan saat ini. Baik itu genset baru atau bekas, Anda harus tetap ingat bahwa dibutuhkan perawatan dalam pemakaiannya.

Baca Juga: Ini Dia Alternatif Penghasil Cahaya Saat PLN Lakukan Pemadaman

Write a Reply or Comment