Beli Sparepart Genset Jangan Sembarangan, Pilih Dengan Cara Berikut

beli sparepart genset
ilustrasi

Untuk Anda yang harus beraktivitas 24 jam penuh dengan peralatan elektronik, genset jelas jadi barang yang diandalkan. Saat pemadaman terjadi tanpa diduga dan dalam waktu lama, genset ini akan menyelamatkan Anda karena bisa menghasilkan energli listrik menggunakan bahan bakar solar atau bensin. Sayangnya, banyak pemiliki genset yang mengabaikan perawatan genset sehingga gensetnya sering kali mengalami kerusakan.

Padahal genset sebenarnya merupakan alat yang bisa tahan dipakai sangat lama jika rutin dirawat dan diganti suku cadangnya. Nah, tak sedikit juga orang yang keliru dalam memilih sparepart genset sehingga akhirnya mendapatkan barang palsu. Jadi supaya Anda terhindari dari suku cadang palsu dan tidak berkualitas, simak tips berikut ini:

Beli di Toko Resminya

Saat pertama kali membeli genset, Anda harus memastikan kalau merek yang Anda pilih mudah dicari suku cadangnya. Beberapa merek yang banyak sparepartnya di Indonesia antara lain genset Yanmar, genset Cummins, genset Perkins, genset Foton, dan juga genset Lovol. Dengan memilih genset yang sudah umum, pasti Anda juga akan lebih mudah mendapatkan sparepartnya.

Tapi di sisi lain, banyak pula beredar sparepart palsu dari genset yang sudah terkenal. Supaya terhindar dari penipuan, sebaiknya Anda membeli sparepart genset di toko resminya. Cara ini sudah pasti membuat Anda bisa mendapatkan genset asli yang berkualitas. Salah satunya adalah dengan membeli langsung di ABC Power Genset.

Cermati Harganya

Anda mungkin merasa senang saat tahu sparepart genset dijual dengan harga diskon. Tapi tunggu dulu, coba cek lagi selisih harganya. Sparepart asli yang berkualitas jelas tidak akan dijual dengan harga sangat murah meski sedang didiskon.

Jadi kalau Anda menjumpai suku cadang genset yang dijual sangat murah dan cenderung tak masuk akal, bisa jadi yang dijual adalah barang palsu. Lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk membeli sparepart yang jelas keasliannya dibanding harus tertipu suku cadang palsu yang bisa jadi malah merusak genset Anda.

Jangan Salah Beli

Saat membeli suku cadang, jangan hanya mengetahui merek dari genset yang Anda punya. Sebab satu merek yang sama bisa jadi memiliki berbagai jenis seri dan tipe berbeda, yang otomatis akan berbeda pula ukuran atau bentuk suku cadangnya.

Jadi pastikan Anda tahu secara detail merek dan seri genset yang dimiliki. Jika tidak yakin, Anda bisa memfoto genset yang dipunya dan menunjukkannya pada penjual. Atau Anda juga bisa membawa contoh suku cadang yang rusak sehingga penjual bisa merekomendasikan yang sesuai.

Cek Dulu Keasliannya

Nah, langkah terakhir yang harus Anda lakukan saat membeli sparepart genset adalah mengecek keasliannya. Saat sparepart sudah ada di tangan, pastikan memeriksa setiap bagiannya dengan cermat. Kalau misalnya ada yang mencurigakan atau berbeda dari yang biasanya, Anda bisa mengembalikannya kepada si penjual. Adalah hak Anda untuk mendapatkan sparepart asli sesuai harga yang sudah Anda bayarkan.

Pada saat pemasangan sparepart genset Anda juga harus berhati-hati. Kalau memang tak terlalu mengenal bagian-bagian genset, lebih baik Anda meminta tolong kepada ahlinya.

Sebab kesalahan dalam pemasangan suku cadang bukan hanya akan membuat genset jadi tak bekerja optimal, namun juga bisa mencelakakan diri Anda jika sampai muncul korsleting atau percikan api.

Tak apa mengeluarkan uang lebih untuk biaya servis daripada Anda hrus menanggung akibat dari kecerobohan yang dilakukan saat memperbaiki genset.

Write a Reply or Comment