Berbagai Macam Air untuk Radiator Genset. Mana yang Harus Digunakan?

Pada umumnya, permasalahan yang terjadi pada sebuah mesin gerak atau mesin industri seperti generator set atau genset yaitu munculnya panas yang berlebihan dan bisa menyebabkan mesin menjadi rusak. Mesin genset memerlukan sistem pendingin yang mampu bekerja secara sinergi dengan sistem pembakaran dan sistem gerak mesin. Sistem pendinginan dibuat agar mesin dapat bekerja pada temperatur normal setelah mesin beroperasi dan juga menjaga mesin dapat bekerja pada temperatur kerja.

Untuk itu, mesin membutuhkan air radiator untuk tepat membuatnya dingin. Sebenarnya, air tidak dapat secara langsung dapat mendinginkan mesin, air hanya berfungsi menyalurkan atau memindahkan panas dari mesin menuju ke radiator genset lalu panas tersebut dilepas udara melalui bentuk uap air dari kisi-kisi yang ada pada radiator genset.

Dalam sistem pendingingan biasanya terdapat hambatan seperti terjadinya penyumbatan atau kebocoran akibat penumpukan sedimen yang terbawa dalam air pada radiator genset sehingga air tidak mengalir secara benar bahkan menjadi kering atau habis. Maka dari itu pentingnya dalam memilih air radiator genset yang benar seperti berikut ini:

Air Tanah atau Air Sumur

Pada umumnya, air tanah atau air sumur mengandung mineral dan memiliki warna yang kekuningan atau kemerahan. Perubahan warna yang terjadi disebabkan oleh partikel-partikel yang membuat sistem pendingin mesin menjadi mengendap, mengentak dan mengeras. Sehingga sebaiknya hindari penggunaan air tanah atau sumur untuk radiator genset, namun jika terpaksa menggunakan ini pastikan jika air yang dipakai adalah air jernih dan sebersih mungkin.

Air Mineral

Air mineral memiliki kadar mineral yang lebih terukur jika dibandingkan dengan air tanah atau air sumur. Akan tetapi, kandungan mineral yang terdapat di dalam air mineral bisa saja mengendap dan menjadi kerak di bagian saluran pendingin mesin. Air mineral dalam kemasan memang lebih baik digunakan dibandingkan dengan menggunakan air sumur karena air mineral lebih jernih dan bersih.

Air Reverse Osmosis, Air Suling atau Air AC

Air hasil Reverse Osmosis (RO) adalah air yang tidak memiliki kandungan mineral. Air suling dan air AC juga merupakan air hasil langsung dari pengembunan uap air sehingga sangat cocok dijadikan sebagai air radiator genset untuk mendinginkan mesin. Dengan menggunakan air RO, air suling atau air AC dapat menjaga kualitas mesin genset Anda tetap terjaga dengan meminimalisir penimbunan sedimen.

Itulah beberapa air yang umumnya digunakan pada mesin radiator genset. Pilihlah air yang benar sehingga mesin genset dapat digunakan dalam jangka panjang tanpa mengalami kerusakan. Jangan lupa juga untuk menggunakan genset terbukti bagus dalam pengoperasiannya seperti ABC Power Genset. ABC Power jual genset dan sewa genset. Untuk sewa genset kami sediakan sewa genset harian, mingguan atau bulanan dengan berbagai kapasitas yang Anda butuhkan mulai dari merek genset berkualitas Genset Perkins, Lovol, Primero, Foton, Cummins, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya bisa mendapatkan harga genset murah saja, tetapi genset yang ditawarkan hanyalah produk orisinil, berkualitas dan juga bergaransi. Anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi dan rekomendasi secara gratis tanpa dipungut biaya dan komitmen apa pun. Butuh cepat genset berkualitas dengan harga murah? Langsung saja hubungi ke nomor 087780080086 atau ke email sales@abcpowergenset.com sekarang juga.

Write a Reply or Comment