Berkat Genset, Lampu Lalu Lintas Yang Mati Bisa Kembali Beroperasi

genset dapat membackup lalu lintas yang mati
ilustrasi

Lampu lalu lintas merupakan salah satu komponen penting di jalan raya. Tanpa adanya lampu lalu lintas, kondisi jalan raya bisa menjadi semrawut. Belum lagi resiko kecelakaan yang jelas akan menjadi lebih tinggi. Namun beberapa waktu lalu, di Budnaran Satelit Surabaya, terjadi pemadaman lampu lalu lintas yang menyebabkan kemacetan. Padahal seperti diketahui, daerah Bundaran Satelit merupakan salah satu titik terpadat yang ada di kota Surabaya.

Menurut Petugas Lapangan Dinas Perhubungan Kota Surabaya, pemadaman lampu lalu lintas ini disebabkan oleh gangguan listrik yang berada di wilayah Putat Gede. Karena belum diketahui kapan listrik akan kembali menyala sementara kemacetan sudah semakin parah, maka bantuan genset pun didatangkan. Genset ini difungsikan untuk kembali  menyalakan lampu lalu lintas tanpa menggunakan listrik agar kemacetan bisa segera terurai.

Matinya lampu lalu lintas ini juga sudah dikonfirmasi kalau bukan disebabkan oleh kerusakan lampu melainkan pemadaman dari PLN. Kemudian kemacetan sendiri yang terjadi di Bundaran Satelit sendiri didominasi oleh kendaraan pribadi mobil sehingga sangat sulit diuraikan. Apalagi matinya traffic light ini terjadi di jam 14.30, di mana jalan sedang sangat padat dan penuh dengan kendaraan. Beruntung, tak ada insiden kecelakaan yang terjadi ketika lampu lalu lintas mati.

Setelah menunggu beberapa menit, genset pun berhasil difungsikan dan lampu lalu lintas bisa kembali menyala. Setelah macet sekitar 30 menit, lalu lintas perlahan kembali bisa terurai setelah kurang lebih 30 menit. Dibantu denhan anggota Dinas Perhubungan yang lainnya, lampu lalu lintas pun kembali bisa beroperasi dengan normal dan kemacetan bisa diatasi. Genset yang digunakan ini merupakan milik dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Bayangkan saja jika pemadaman terjadi dalam waktu lama dan tidak ada genset yang  bisa digunakan. Bisa diperkirakan kalau kemacetan akan semakin parah dan merembet ke daerah lainnya. Belum lagi ada kemungkinan kecelakaan yang juga bisa terjadi dikarenakan kendaraan saling berebut untul melintas saat traffic light padam.

Genset sendiri merupakan kepanjangan dari generator set, yaitu seperangkat alat yang bekerja dengan tenaga dari generator dan bisa menghasilkan listrik. Meski daya yang dihasilkan memang terbatas, namun sangat berguna juga untuk menggantikan listrik yang padam. Namun untuk beberapa kasus misalnya penggunaan di pabrik, akan digunakan genset dengan daya sangat besar sehingga bisa menghasilkan listrik dengan kekuatan besar pula. Meski demikian, untuk penggunaan terus menerus ataupun dalam skala besar, orang yang bersangkutan perlu mengajukan izin terlebih dahulu ke pemerintah.

Nah, dalam membeli genset juga perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Harga genset akan lebih mahal semakin tinggi dayanya. Sehingga kalau Anda hanya membutuhkan untuk usaha skala kecil, bisa membeli genset dengan daya tidak terlalu besar yang jelas harganya juga lebih murah. Selain itu, setelah membeli genset Anda juga harus memperhatikan dengan baik perawatannya. Dengan perawatan yang tepat, genset bisa beroperasi dengan baik dan lebih tahan lama.

Namun kalau Anda mengabaikan perawatannya atau mungkin salah salam menggunakannya, genset juga bisa menimbulkan bahaya. Sudah banyak berita beredar mengenai kebakaran atau keracunan gas yang disebabkan karena penggunaan genset yang keliru. Maka dari itu, ada banyak aspek yang perlu Anda perhatikan saat akan memakai genset terutama jika berdekatan dengan area tempat tinggal.

Write a Reply or Comment