Berkat Genset, RS Undata Palu Kembali Bisa Beroperasi

Berkat Genset, RS Undata Palu Kembali Bisa Beroperasi

Rumah sakit bisa dibilang menjadi tempat yang paling di cari usai bencana gempa dan tsunami yang menghantam Kabupaten Palu, Donggala, dan beberapa wilayah lainnya pada tanggal 28 Septemberi 2018 lalu. Sayangnya, sebagian besar rumah sakit yang ada di Pau dan sekitarnya juga lumpuh dikarenakan bangunan yang hancur ataupun tidak adanya aliran listrik.

Listrik di Sulawesi Tengah sendiri memang tidak bisa berjalan normal seperti sedia kala. Terhitung hanya sekitar 20 persen dari keseluruhan listrik di Palu yang bisa menyala, dikarenakan sebagian besar gardu listrik milik PLN memang  mengalami kerusakan. Seperti halnya yang terjadi di RS Undata, listrik sama sekali tidak bisa menyala sehingga operasional rumah sakit sempat mengalami kelumpuhan untuk sementara waktu.

Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, sebab ada bantuan genset dari PT Semen Toasa untuk memulihkan kondisi di RS Undata tersebut. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Komisaris PT Semen Tonasa, Profesor Idrus Paturusi yang juga menjadi dokter di rumah sakit tersebut. Bantuan genset  ini membuat tenaga medis yang ada di RS Tonasa bisa bekerja dengan maksimal membantu menyembuhkan para pasien dan juga korban benca gempa Palu dan Donggala.

Di hari pertama adanya genset tersebut, tehitung ada 7 orang yang sudah dioperasi. Sedangkan untuk yang berikutnya menunggu 20 pasien lain untuk dioperasi. Sebelumnya para pasien ini memang  belum bisa dioperasi dikarenakan menunggu adanya aliran listrik. Seperti yang diketahui, untuk melakukan operasi memang  membutuhkan banyak alat medis yang hanya bisa bekerja dengan adanya aliran listrik, seperti lampu operasi, regulator oksigen, dan juga alat untuk menyedot cairan dari dalam tubuh.

Selain rumah sakit, ada banyak tempat publik di Palu dan Donggala yang juga membutuhkan pasokan genset untuk menyediakan listrik, seperti kantor pemerintahan terutama Badan Penanggulangan Bencana. Dalam waktu singkat, ada banyak sekali genset yang dikirimkan dari berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan listrik di Palu dan Donggala tersebut.

Mengapa harus memakai genset?

Ada banyak alasan yang membuat Anda layak memiliki genset, kalaupun hunian tidak terletak di daerah rawan bencana. Berikut alasannya:

Genset Memberikan Jaminan Penerangan

Apa yang bisa dilakukan saat terjadi pemadaman di malam hari? Kebanyakan orang mungkin menjawab memasang lilin sebagai sumber penerangan. Tapi Anda tahu sendiri bahwa cahaya dari lilin tidaklah terlalu terang, bahkan tidak bisa sekedar dipakai untuk membaca. Daya tahan lilin juga sangat singkat, dan resiko bahaya yang ditimbulkan cukup besar. Namun dengan genset Foton misalnya, Anda bisa tetap merasakan ruangan yang terang dan nyaman saat pemadaman listrik.

Genset Memastikan Alat Elektronik Tetap Bekerja

Saat sedang asyik-asyiknya bekerja di depan komputer, tiba-tiba mati listrik. Bisa terbayangkan, pekerjaan tak bisa diselematkan dan Anda pun harus membuang waktu lama untuk menunggu listrik kembali menyala. Tapi saat ada genset, Anda bisa terus beraktivitas dengan barang eletronik seperti komputer, laptop, dan juga benda-benda yang ada di dapur seperti kulkas, microwave, dan juga blender.

Harga genset murah kini bisa dijumpai dengan sangat mudah, sehingga Anda tak perlu ragu untuk membelinya. Untuk penggunaan skala rumah tangga, ada banyak genset seharga Rp 1 jutaan saja yang bisa Anda miliki. Yuk, sedia payung sebelum hujan, sedia cadangan listrik sebelum pemadaman!

promo klik di sini

Write a Reply or Comment