Berkenalan Dengan Genset Open & Silent, Mana Yang Jadi Pilihan Anda?

jenis-jenis genset
ilustrasi

Untuk Anda yang berminat membeli genset guna diletakkan di tempat usaha ataupun kantor, maka penting sekali mengetahui 2 jenis genset yang berbeda. Secara umum, genset sendiri dibedakan menjadi open genset dan silent genset. Untuk open genset sendiri sering juga disebut sebagai genset tiper terbuka karena dari segi penampakannya, genset ini memang tidak memiliki tertutup atau biasa disebut dengan canopy. Dikarenakan tidak ada kotaknya, maka genset satu ini memang lebih ditujukan untuk pengguna yang sudah  memiliki power house sendiri.

Jadi genset dengan tipe terbuka ini memang akan lebih cocok diletakkan di dalam power house yang luas dan kedap suara. Kelebihan dari genset satu ini adalah karena tidak adanya rumah genset atau canopy, sehingga proses pembersihan dan perawatannya bisa dilakukan dengan mudah. Tanpa perlu terlalu banyak melakukan bongkar pasang, perawatan dan pembersihan bisa dilakukan dengan cepat. Selain itu, genset satu ini juga memiliki desain yang sudah siap pakai dan bisa dengan mudah memasang tangki bahan bakarnya sehingga proses pengisian bahan bakar juga tidak akan terlalu sulit.

Nah, sangat berkebalikan dengan genset open, genset silent ini memiliki canopy di bagian luarnya sehingga dari segi bentuk terlihat lebih tertutup. Kemudian canopy ini juga dilengkapi dengan peredam suara yang menjadikan suara mesin tidak sampai berisik ke luar. Itulah yang menjadikan jenis genset ini disebut dengan silent genset. Kelebihan lain dari tipe silent genset ini adalah adanya box di bagian luar yang menutupi mesin dan melindungi dari panas maupun hujan sehingga cenderung aman untuk diletakkan di luar ruangan.

Lalu bagaimana cara mengganti sparepart genset atau melakukan perawatan dan pembersihan? Ada pintu yang diletakkan di salah satu sisi genset sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan pengecekan di bagian dalamnya. Pintu ini juga memiliki handle dan kunci yang akan mengamankan genset. Kalau dari segi performa, kedua genset ini sebenarnya tidak memilik perbedaan terlalu besar. Hanya genset tipe open memang lebih cocok dipakai di area pabrik di mana tak masalah jika ada suara berisik. Sedangkan genset silent lebih baik digunakan pada tempat tertutup yang membutuhkan ketenangan seperti perkantoran, sekolah, atau rumah sakit dan juga hotel.

Kalau dari segi harga, untuk tipe genset silent jelas lebih mahal dari yang tipe terbuka dikarenakan ada tambahan fitur peredam suara dan penutup di bagian luar. Tapi di sisi lain, jika Anda ingin meletakkan genset silent di luar ruangan, sudah tak perlu lagi membangun penutup di bagian atasnya. Namun untuk keamanan, kedua jenis genset ini memang sebaiknya diletakkan di area khusus yang memiliki pagar dan bisa dikunci sehingga tidak akan memudahkan pencurian atau perusakan.

Untuk Anda yang ingin memiliki genset berkualitas, bisa mencoba memilih genset Lovol. Genset satu ini memiliki tipe open dan silent yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dari situ Anda bisa membandingkan harga, kelebihan, dan kekurangannya, serta kesesuainnya dengan kebutuhan Anda. Untuk genset Lovol sendiri tentu memiliki garansi yang akan menjamin penggunaannya dalam waktu lama.

Tunggu apa lagi? Segeralah temukan genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan ketahui dulu berapa daya yang Anda butuhkan supaya tak salah dalam membeli genset.

Write a Reply or Comment