Butuh Genset Diesel Untuk Pekerjaan Berat, Ini Yang Harus Anda Simak

genset untuk industri alat berat

Genset adalah detak jantung penting dari situs konstruksi, proyek infrastruktur dan acara outdoor yang membutuhkan daya besar. Karena itulah memilih genset untuk pekerjaan berat tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika Anda salah memilih genset, maka aktivitas di suatu tempat akan sangat terganggu dan bisa menyebabkan kerugian finansial dalam jumlah yang cukup besar. Nah, berikut ini merupakan beberapa pertimbangan penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih genset diesel:

Ukuran genset adalah hal terpenting

Yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika menentukan ukuran genset adalah arus lonjakan tinggi yang terkait dengan start motor listrik dan transformator, yang biasanya enam kali lebih besar dari arus beban penuh. Sebagai hasilnya, sudah menjadi hal yang umum untuk menggunakan motor dan transformator yang disesuaikan dengan besarnya kVA sebagai tolok ukur untuk menentukan ukuran genset.  Pendekatan ini sering menghasilkan genset dengan ukuran terlalu besar untuk beban motor dan tidak berdasarkan kebutuhan aplikasi yang sebenarnya. Selain itu, Anda juga mengabaikan faktor kunci lain yang memainkan peran kunci dalam mengukur genset.

Pertimbangkan kemampuan moduler genset

Ada baiknya bertanya kepada produsen atau distributor tempat jual genset,tentang cara apa yang dapat dilakukan untuk memparalelkan satu genset dengan yang lain dan membentuk pembangkit listrik modular. Misalnya, apakah genset dilengkapi dengan kemampuan ini sebagai standar? Juga, berapa lama untuk memasangkan dua unit genset berbeda? Dengan banyak genset, proses ini dapat memakan waktu di bawah 10 menit, tetapi tidak semua menawarkan kemampuan ini. Ada sejumlah manfaat tambahan dari kemampuan modular. Pertama, genset bisa meningkatkan output mereka untuk mempertahankan output daya yang sama. Kedua, biaya dan kebutuhan reparasi berkurang.

Ketahui dengan baik manajemen daya genset

Sistem kontrol genset yang ideal harus menawarkan berbagai fitur. Misalnya, kemampuan untuk memulai dan memprogram mesin dari jarak jauh, menampilkan peringatan, misalnya bahan bakar rendah dan masalah kinerja lainnya, di samping memberikan berbagai data analisis. Ini membantu untuk memanfaatkan efisiensi pembangkit listrik dengan lebih baik sambil memberikan tinjauan yang berharga tentang proses aplikasi. Banyak genset sekarang dilengkapi dengan Sistem Manajemen Daya sehingga memungkinkan konfigurasi yang mudah dan cepat. Cara ini juga memungkinkan optimalisasi konsumsi bahan bakar dan kinerja genset secara paralel.

Pastikan bahan bakarnya efisien

Berkat sejumlah inovasi desain dan peningkatan efisiensi energi, banyak genset yang saat ini mengonsumsi bahan bakar jauh lebih sedikit daripada beberapa tahun lalu. Fakta bahwa peralatan terbaru dapat berjalan lebih lama dan lebih ekonomis telah menjadi pendorong besar di balik pertumbuhan pasar. Namun, tidak semua generator sama dan bahan bakar bisa jadi lebih boros. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meminta rekomendasi genset mana yang hemat bahan bakar sebelum membeli sebuah genset.

Selain itu, modularitas juga berkontribusi pada efisiensi bahan bakar. Sebagai contoh, dengan mengambil pola permintaan aplikasi industri yang khas sebagai panduan, penyebaran generator 1 MVA sebagai sumber daya utama mencapai 1,677 liter bahan bakar yang dikonsumsi setiap hari. Bandingkan dengan sekitar 1,558 liter bahan bakar jika tiga generator 325 kVA dinyalakan bersamaan.

Pastikan juga Anda mendapatkan genset berkualitas di distributor genset ABC Power yang memiliki mas agaransi hingga 2 tahun lamanya. Hal ini untuk mencegah kemungkinan genset mengalami kerusakan parah saat baru saja dibeli.

Write a Reply or Comment