Cara Aman Menggunakan Genset

cara aman menggunakan genset

Genset atau generator set dapat memberikan manfaat yang besar yaitu sebagai sumber energi listrik ketika di rumah Anda mengalami pemadaman listrik. Dibalik manfaat dan penggunaannya bukanlah tanpa risiko, terutama pada sisi keamanan saat genset digunakan. Jika salah dalam penggunaannya, maka bisa dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan peralatan listrik, kebakaran hingga menyebabkan kematian bagi orang yang mengoperasikannya.

Jika Anda baru saja berniat untuk menggunakan genset di rumah atau pun tempat lainnya, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa pengetahuan dalam pengoperasian genset agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. Berikut beberapa cara aman menggunakan genset yang patut Anda lakukan:

Menempatkan Genset di Luar Rumah

Ada baiknya jika Anda menempatkan genset di lokasi yang cukup jauh dari rumah Anda dan pastikan gas karbon monoksida tidak masuk ke dalam rumah. Hidupkan genset di bawah kanopi yang terbuka.

Melakukan Pemeriksaan Bahan Bakar

Tahap awal yang perlu Anda lakukan sebelum menyalakan genset adalah memeriksa ketersediaan bahan bakarnya terlebih dahulu, kecuali pada jenis genset tanpa bahan bakar. Untuk jenis portable genset, sebaiknya gunakan bahan bakar premium dan isi secukupnya. Jangan lupa ketika ingin mengisi bahan bakar, pastikan genset dalam keadaan mati.

Periksa Pelumas Mesin

Pastikan oli atau pelumas mesin terisi penuh. Pelumas ini sangat penting untuk mencegah mesin atau mengurangi keausan pada mesin yang disebabkan oleh gesekan secara langsung antara permukaan logam yang bergerak secara terus-menerus.

Periksa MCB Pembebanan Listrik

Pastikan MCB panel menuju generator dan saklar PLN berada pada posisi off. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyebaran arus yang tidak teratur dan yang nantinya akan dialirkan listrik menjadi bermasalah dan menyebabkan kecelakaan kerja.

Pemanasan

Panaskan mesin selama 5 hingga 10 menit untuk menjaga agar putaran sistem kerja mesin lebih stabil karena semua komponen dan pelumas sudah bekerja dengan sempurna. Setelah itu, tambahkan beban dengan menghidupkan panel yang ada satu perasatu secara berurutan.

Matikan Choke

Saat genset menyala, biarkan beberapa saat pada 5 menit pertama dan genset dapat diberi beban. Sebaiknya beban dilakukan secara bertahap yaitu 500 Watt, 1000 Watt, 2000 Watt dan seterusnya. Hal ini berlaku untuk semua jenis genset baik manual starter atau pun elektrik starter.

Pemutus Aliran Listrik Dapat Dijangkau

Pastikan pemutus aliran listrik dapat Anda jangkau dengan mudah. Hal ini bermanfaat jika terjadi korsleting listrik, kebakaran atau hal-hal lain yang tidak diinginkan terjadi pada genset. Anda dapat dengan mudah memutus aliran tersebut sebelum hal-hal yang tidak diinginkan menjadi sulit untuk dikendalikan.

Mematikan Genset

Setelah generator usai digunakan, matikan saklar MCB/Breaker pembebanan pada posisi off, lalu biarkan selama kurang lebih 5 menit agar putaran mesin genset menghabiskan gas buang dan pastikan kontak mesin pada posisi off untuk tipe diesel dan bensin, manual atau pun elektrik.

Itulah beberapa cara aman menggunakan genset yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Pastikan jika Anda juga sudah membaca buku panduan manual untuk menggunakan genset pada saat pembelian. Pastikan Anda membeli atau sewa genset di ABC Power yang hanya memiliki produk genset orisinil, berkualitas dan bergaransi.

ABC Power jual genset berbagai merek seperti Genset Perkins, Primero, Foton, Cummins, Lovol dan yang lainnya dengan harga genset murah. Berbagai keuntungan bisa Anda dapatkan yaitu garansi sebesar 150% money back jika produk terbukti tidak orisinil atau baru, bebas konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi atau pun perbandingan harga genset sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Genset murah teruji dan terpercaya? Ya ABC Power Genset jawabannya.

Write a Reply or Comment