Cara Instalansi dan Trik Aman Menggunakan Genset

Genset di era serba modern ini sangat membantu dalam pekerjaan manusia sehari-hari. Pasalnya, PLN sebagai tempat yang menyediakan listrik negara terkadang melakukan maintenance yang mengakibatkan listrik mengalami pemadaman, baik secara tiba-tiba atau dengan pemberitahuan. Tidak adanya listrik menyebabkan beberapa pekerjaan menjadi tertunda atau malah merugikan. Untuk itu, genset digunakan sebagai daya listrik cadangan atau tambahan yang sangat bermanfaat.

Mesin genset sudah banyak digunakan baik di rumah atau pun di perindustrian, namun tak sedikit pemilik atau beberapa orang yang ingin menggunakan genset belum mengetahui dengan baik bagaimana cara pasang genset atau menginstalansinya dengan benar. Maka dari itu, sebaiknya simaklah penjelasan mengenai cara pasang genset secara sederhana berikut ini.

instalasi genset dan terik aman menggunakan genset ABC Power

Cara Pasang Genset/Instalansi

Pemasangan genset  melalui rangkaian otomatis Relay Omron ini tujuannya yaitu memindahkan sumber aliran listrik untuk menyambung mesin generator saat listrik PLN kembali menyala secara otomatis akan berpindah menuju saluran PLN. Jika demikian maka Anda tidak perlu khawatir jika lupa untuk mematikan genset saat listrik PLN sudah kembali menyala.

Untuk merangkai sistem otomatis pada generator ini memerlukan beberapa bahan seperti sikring otomatis, boz sikring, terminal kabel, relay omron, papan kayu, kabel NGA dan soket relay. Untuk memudahkan dalam sistem pengkabelannya, berikan nama masing-masing terminal. Diperlukan 2 buah relay, di mana relay ke dua (R2) merupakan relay yang digunakan untuk membantu switch S1 (R1) agar dapat memutuskan hubungan accu (aki) saat genset sudah dalam keadaan menyala kembali.

Pastikan jika rangkaian yang dipasangan sudah sesuai atau belum, periksa dengan cara mematikan sumber aliran listrik dari PLN lewat MBC, setelah itu hidupkan genset dan lihat listrik yang menyala pada sumber aliran listriknya, lalu hidupkan kembali sakelar pada MCB PLN. Jika rangkaiannya sudah tepat, maka generator atau genset pun akan mati secara otomatis dan aliran listrik pun berpindah menuju PLN.

Jika Anda tidak terlalu yakin, Anda bisa mencari bantuan dengan orang yang ahli untuk melakukan penginstalan pada genset.

Cara Aman Menggunakan Genset

Di samping Anda mengetahui cara pasang genset, ketahui juga cara menggunakan genset yang tepat dan juga aman. Berikut beberapa tips atau cara aman menggunakan genset:

Hindari memasang generator portable di stopkontak

Memasukan generator di stopkontak dapat memudahkan matinya jaringan listrik serta dapat melukai pekerja utilitas atau pun tetangga di rumah Anda. Sebaiknya hubungkan peralatan pada kabel luar menuju outlet tempat generator.

Hindari menghubungkan generator secara langsung pada kabel rumah

Generator yang terhubung langsung pada rumah dapat memberikan umpan balik menuju saluran listrik menuju rumah Anda. Selain itu juga dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal pada peralatan utilitas listrik maupun generator Anda. Untuk lebih aman, miliki kontraktor listrik yang berlisensi memasang saklar transfer.

Hindari membebani mesin genset

Jangan mengoperasikan berbagai macam peralatan yang melebihi daya output genset Anda. Pemakaian genset yang overloading bisa merusak berbagai peralatan atau pun elektronik berharga Anda di rumah, sehingga prioritaskan keperluan Anda saja.

Hindari menyimpan genset di ruangan yang terdapat bahan bakar

Simpanlah genset di tempat yang aman dan hindari menyimpannya di area yang terdapat bahan bakar. Ketika Anda mengisii bahan bakar untuk genset, hindari dari sumber api atau pun rokok. Pastikan juga Anda memiliki alat pemadam kebakaran untuk berjaga-jaga.

Baca segala aturan dan petunjuk yang ada

Patuhi segala tata cara dan aturan pemasangan genset yang ada. Ikuti segala instruksi cara pasang genset yang dimiliki, dengan begitu Anda dan keluarga dapat terhindari dari bahaya pemasangan genset yang salah.

Itulah cara pasang genset yang benar dan juga trik dalam menggunakan atau mengoperasikan genset secara aman. Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi, dan harga genset murah, Anda bisa menghubungi product specialist ABC Power yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. ABC Power juga telah tersertifikasi ISO 9001:2015 dengan ribuan produk yang telah digunakan oleh berbagai macam industri mulai dari pertambangan, migas, telekomunikasi, perbankan dan masih banyak lagi. ABC Power menyediakan genset berbagai merek seperti genset PerkinsCummins, Deutz, MTU, Foton, Lovol, Yanmar, Doosan dan Primero.

ABC Power jual genset dengan ketersediaan spare part dengan tingkat coverage part hingga 95%. Selain itu Anda juga bisa sewa genset baik secara harian, mingguan, atau pun bulanan dengan pilihan kapasitas yang Anda butuhkan. Tunggu apalagi? Cek segera berbagai produknya di www.abcpowergenset.com atau dengan menghubungi melalui telepon ke 021-2255-7715 atau email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga!

Write a Reply or Comment