Cara Memelihara Genset Cummins Agar Awet

gambar merawat genset cummins

 

1. Memiliki Operator Baik

Satu hal penting pertama yang seringkali banyak dilewatkan orang dalam menjaga keawetan mesin genset adalah tidak memiliki operator yang baik dan bersertifikat. Maksud dari operator yang baik adalah mereka yang tahu cara kerja dan mengoperasikan genset cummins secara menyeluruh. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kerusakan terjadi bukan hanya bersumber dari mesin tapi juga penggunannya itu sendiri.
Human erorr biasa terjadi dalam mengoperasikan genset dan ini adalah salah satu penyebab utama dari mesin yang mengalami kerusakan. Apabila terus dibiarkan dan tidak segera dapat penanganannya dengan tepat maka mesin bisa mengalami kerusakan total. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk memiliki operator yang baik dan juga tidak sembarangan. Soalnya itu menjadi langkah pertama agar mesin yang satu ini dapat awet dan dapat digunakan terus menerus.

2. Perhatikan Indikator Oli Pada Mesin

Salah satu faktor penting yang menunjang performa dari sebuah mesin genset adalah tersedianya oli dengan kapasitas yang cukup. Bukan hanya semata untuk memaksimalkan kinerja dari mesin tapi juga untuk menjaga keawetan dari mesin generator itu sendiri. Caranya adalah dengan memperhatikan ketersediaan oli pada mesin genset Cummins.
Terutama memperhatikan apakah oli sesuai dengan takaran dari mesin tersebut. Jika oli terlihat kurang maka segera tambahkan, dan perhatikan waktu penggunaan oli. Hanya saja, Anda mesti memperhatikan satu hal yang pasti dalam mengganti oli. Usahakan untuk memakai merek oli yang sama untuk menjaga keawetan mesin genset.

3. Tempatkan Dengan Baik

Penempatan mesin  juga mesti diperhatikan demi awetnya mesin ini. Sangat disarankan untuk tidak menempatkan genset pada area yang tidak kokoh. Soalnya ketika mesin genset dinyalakan akan menimbulkan getaran pada area sekitarnya. Di khawatirkan jika terjadi tanah bergerak yang akan berakibat genset disposisi.
Kemungkinan yang bakal terjadi adalah gesekan keras pada mesin genset ini dan mengakibatkan mesin bisa mengalami kerusakan. Jadi untuk kondisi mesin agar selalu awet adalah dengan tidak meletakkannya di sembarang tempat. Bila perlu membuat tempat khusus genset dengan kanopi dan lain-lainnya.

4. Jaga Kebersihan Mesin

Cara jitu lainnya adalah dengan menjaga kebersihan dari genset itu sendiri. Meskipun terdengar abu-abu, sayangnya masih banyak orang yang seolah cuek akan hal satu ini.Kotoran yang menempel dan tidak kunjung dibersihkan akan mengganggu kinerja dari mesin genset. Jadi lebih baik Anda memperhatikan kebersihannya dan membuad jadwal pembersihan dalam periode tertentu.
Utamakan kebersihan radiator, hal ini jangan sampai tergangu. Apabila radiator sampai tertutupi oleh debu hal ini akan mengganggu kinera mesin dan mungkin bisa membuat mesin mengalami kerusakan. Selain itu, usahakan juga jangan sampai terjadi air radiator dalam kondisi bocor yang dibiarkan karena akan membuat mesin mengalami mati total karena kepanasan.
Cara yang sudah dijelaskan tersebut tentunya akan percuma apabila tidak dilakukan dengan benar. Selain itu, apabila Anda sedang mencari mesin genset kualitas terbaik seperti genset perkins, yanmar, foton, dan tidak terkecuali tipe genset Cummins maka tidak perlu bingung lagi. Soalnya website www.abcpowergenset.com menjadi solusi bagi siapapun yang sedang membutuhkan mesin genset

Write a Reply or Comment