Genset Tidak Bisa Menyala? Mungkin Ini Penyebabnya!

Genset merupakan mesin yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Genset dapat digunakan ketika pasokan listrik kurang memadai atau pun saat mengalami pemadaman secara tiba-tiba akibat gangguan atau pun hal lainnya. Namun genset bisa mengalami kerusakan jika Anda tidak mengetahui cara mengoperasikan atau merawatnya. Salah satu gangguan genset yang sering dialami yaitu genset gagal menyala atau tidak bisa menyala. Simak penyebabnya di bawah ini dan cara memperbaiki genset dengan benar.

Baterai atau Aki Genset Tekor

Apakah genset Anda sulit untuk di-starter? Yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan pengecekan pada kondisi aki genset Anda. Karena bisa jadi aki genset Anda tidak cukup kuat untuk menggerakan mesin ketika pertama dinyalakan. Akibatnya, putaran menjadi kurang tinggi dan kompresi bahan bakar pun tidak sempurna sehingga mesin gagal untuk menyala. Sedangkan pada mesin yang menggunakan busi, kurangnya daya dapat membuat busi tidak bekerja secara optimal sehingga tidak terjadi pembakaran di ruang bakar.

Bagaimana cara memperbaiki genset akibat baterai atau aki yang tekor? Lakukan pengecekan secara rutin pada permukaan air elektrolit aki pada level yang cukup, jaga kebersihan terminal aki dengan membersihkannya menggunakan air panas dan ganti aki dengan yang baru.

Untuk pencegahan, Anda bisa melakukan pemanasan genset minimal seminggu sekali agar aki terisi oleh alternator.

Mesin Macet

Apakah Anda pernah mengalami genset yang mati disaat sedang beroperasi dan susah untuk dihidupkan kembali? Teknisi menyebutnya dengan istilah jammed atau macet. Mesin yang mengalami hal tersebut dikarenakan mesin mengalami overheating atau kepanasan. Overheating terjadi ketika genset beroperasi, pembakaran di ruang bakar dan gesekan antara material mesin menghasilkan panas yang tinggi. Jika sistem pendinginan atau pun pelumasan mesin terganggu, panas pada genset menjadi berlebihan.

Sebelum hal itu terjadi, lakukan pencegahan dengan memastikan selalu sistem pelumasan dan pendinginan genset dalam keadaan yang optimal.

Bahan Bakar Tercampur dengan Air

Jika mesin genset Anda susah menyala, bisa jadi karena bahan bakar pada mesin tercampur air dan mengakibatkan jumlah solar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi berkurang dan tidak mampu menggerakan mesin dengan sempurna. Air di dalam bahan bakar juga dapat menimbulkan karat dan mengganggu kerja sistem injeksi sehingga mesin menjadi macet dan bahkan sulit untuk dinyalakan kembali.

Cara memperbaiki genset akibat tercampurnya air di bahan bakar yaitu dengan memastikan tanki dan seal-sealnya dalam keadaan baik, kurang tangki lalu keringkan, pasang kembali dan isi dengan bahan bakar yang baru. Cara lainnya juga dengan menambahkan water separator pada saluran bahan bakar genset.

Genset Jarang Dipanasi

Genset yang susah menyala bisa jadi dikarenakan genset jarang dipanasi. Ketika genset lama tidak digunakan, oli pelumas yang melumasi mesin akan kembali ke tangki oli karena gaya gravitasi. Onderdil mesin yang tidak terlindung dengan pelumas, komponen-komponen mesinnya bisa berkarat dan tersangkut satu sama lain. Oleh sebab itu, lakukan pemanasan pada genset minimal seminggu sekali agar sirkulasi oli tetap berjalan dengan baik.

Masuk Angin

Teknisi sering menyebut istilah masuk angin untuk keadaan di mana saluran injeksi bahan bakar terisi oleh udara yang mengakibatkan tekanan solar menjadi berkurang dan tidak dapat mengalir dengan baik sampai ke ruang bakar. Terjadinya masuk angin bisa disebabkan oleh pengisian bahan bakar yang terlambat hingga habis atau komponen sistem bahan bakar seperti selang, filter, solar atau pun injector ada yang mengalami kebocoran atau longgar.

Cara memperbaiki genset yang mengalami masuk angin yaitu dengan memastikan tangki air terisi solar hingga penuh, lalu cek saluran bahan bakar tidak ada yang longgar atau bocor, keluarkan angin dari saluran bahan bakar dengan cara mengendorkan baut nepel angin-angin lalu kencangkan kembali. Setelah itu nyalakan kembali mesin genset Anda.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki genset Anda secara benar. Untuk mengetahui hal lainnya mengenai genset mulai dari spesifikasi, instalansi, rekomendasi hingga harga genset, Anda bisa berkonsultasi dengan product specialist dari ABC Power, distributor diesel genset terbesar di Indonesia.

ABC Power juga jual genset mulai dari daya 8 hingga 3000KVA dengan berbagai pilihan merek terkenal dan sewa genset baik untuk harian, mingguan atau bulanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi segera untuk mengetahui selengkapnya ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga.

Write a Reply or Comment