Wajib Diketahui! Cara-cara Menggunakan Genset Bagi Pemula

genset Pemula ABC Power Genset

Pemakaian genset di berbagai tempat industri, restoran, atau pun rumah di zaman modern seperti sekarang sudah tidak asing lagi. Fungsi genset sangat penting ketika PLN sebagai pusat dari penyedia listrik mengalami pemadaman listrik akibat kerusakan atau pemeliharaan. Hal tersebut bisa sangat mengganggu karena listrik sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya genset, pekerjaan bisa tetap berjalan tanpa hambatan. Tetapi jangan lupa untuk menggunakan genset dengan benar, khususnya untuk Anda yang masih pemula. Tujuannya agar genset dapat beroperasi dengan lancar dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama serta menghindari dari timbulnya bahaya seperti meledaknya mesin genset atau kebakaran.

Ada baiknya jika Anda sebagai pemula memahami bagaimana cara menggunakan genset yang baik dan benar seperti berikut:

Membaca buku pengoperasian atau buku petunjuk genset

Jika Anda memutuskan untuk membeli genset, maka Anda wajib membaca secara detail mengenai cara menggunakan genset terlebih dahulu untuk mengetahui tentang karakteristik genset yang Anda pilih. Karena setiap genset bisa saja memiliki cara pengoperasian yang berbeda.

Mengetahui jenis bahan bakar yang digunakan

Cara menggunakan genset yang benar selanjutnya yaitu dengan memeriksa ketersediaan bahan bakar pada mesin genset dan mengetahui jenis bahan bakar apa yang digunakan. Tersedianya bahan bakar merupakan hal penting dalam pengoperasian mesin genset, Isilah bahan bakar secara rutin sesuai dengan pemakaian dan pastikan jika Anda mematikan mesin genset saat melakukan pengisian.

Memeriksa oli mesin

Hal penting dalam pengoperasian genset adalah dengan memastikan ketersediaan oli pada mesin genset. Oli memiliki peran penting dalam kelancaran mesin genset tetap bagus dan terjaga. Oli memiliki peran penting yaitu untuk mencegah terjadinya keausan pada mesin yang disebabkan terjadinya gesekan secara langsung antara permukaan logam yang bergerak secara terus-menerus.

Memperhatikan kondisi Accu

Cara menggunakan genset yang benar yaitu dengan memastikan apakah kondisi accu dapat berfungsi dengan baik. Anda bisa mengeceknya dengan menghidupkan generator menggunakan starter. Jika mesin langsung menyala, maka accu bisa dikatakan berfungsi dengan baik. Namun jika Anda sudah menghidupkan starterdan tidak menyala maka accu mengalami masalah dan perlu dibawa ke tempat penyetruman untuk mengisi listrik, karena ada kemungkinan jika accu mengalami soak.

Pastikan saklar mesin genset berada pada posisi yang benar

Sebelum Anda menyalakan genset, pastikan jika saklar mesin atau saklar MCM telah diubah pada beban listrik untuk genset dan tidak berhubungan langsung dengan listrik PLN. Hal tersebut guna untuk menghindari listrik PLN yang menyala secara tiba-tiba dan membuat mesin genset meledak atau rusak.

Lakukan pemanasan mesin

Hal yang satu ini terlihat sepele tetapi sebenarnya merupakan cara menggunakan genset yang sangat penting. Lakukan pemanasan pada mesin minimal selama 5 hingga 10 menit untuk menjaga agar putaran sistem kerja mesin stabil. Setelah itu, Anda bisa menambahkan beban dengan menghidupkan panel yang ada secara berurutan secara satu-persatu,

Itulah beberapa cara menggunakan genset yang perlu Anda ketahui sebagai pemula. Ketahui lebih lanjut mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi hingga harga genset pada ahli yang terpercaya di ABC Power tanpa pungutan biaya atau komitmen apapun. Jika Anda mencari tempat jual genset dengan kualitas terbaik, maka Anda bisa percayakan pada ABC Power yang telah memiliki 40 tahun pengalaman di bidang permesinan serta tersertifikasi ISO 9001:2015.  Anda bisa membeli genset dengan berbagai pilihan merek terkenal seperti genset PerkinsCummins, MTU, Foton, Doosan, Lovol, yanmar dan masih banyak lagi dengan kapasitas mulai dari 8 hingga 3000KVA.

Selain jual genset, ABC Power juga menyediakan pilihan sewa genset untuk Anda secara perharian, mingguan atau bulanan dengan berbagai pilihan kapasitas genset sesuai yang Anda perlukan. Tunggu apalagi? Hubungi segera untuk mendapatkan genset yang dibutuhkan dengan menelepon ke nomor 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga!

Write a Reply or Comment