Cara Menyalakan Genset

tips menyalakan genset abc power

Seiring kebutuhan energi listrik di era modern, genset semakin diminati karena fungsinya yang dapat menjadi energi pengganti sekaligus energi cadangan ketika mati lampu atau adanya pemadaman dari PLN. Namun ternyata masih banyak diantara genset user yang masih bingung dengan cara menyalakan genset. Oleh karena itu hal dasar yang patut kita ketahui adalah bagaimana menyalakan genset.

Dalam menyalakan sebuah genset pastinya harus dinyalakan sesuai dengan prosedur yang ada agar dapat berjalan dengan baik dan juga aman. Dengan menyalakan sesuai prosedur, genset dapat berjalan dengan baik dan lebih tahan lama dibandingkan dengan menyalakan yang tidak sesuai prosedur
Cara menyalakan genset yang perlu ddiperhatikan sesuai Standard Operating Procedure (SOP) ada  7 yaitu :

  • Periksa bahan bakar (posisi kran pada daily tank harus ON atau tetap terbuka)
  • Periksa air radiator. Jika air radiator dirasa kurang, segera tambahkan air radiator
  • Periksa air ACCU. Jika dirasa kurang, segera tambahkan.
  • Periksa oli mesin. Jika dirasa kurang, segera tambahkan oli mesin
  • Periksa kabel R-S-T-N apakah sudah terpasang dengan benar
  • Pasang kabel ACCU dengan benar dan kuat. Warna merah adalah positif (+), sedangkan warna hitam (-)
  • Buka box panel, kemudian naikkan semua MCB
  • Hidupkan mesin tanpa beban (warming up) kurang lebih selama 10 menit
  • Periksa Oil Meter, Battery Charge, Water Temperature, Volt Meter AC, Frequency Meter dan Hour Counter Meter), apakah sudah dalam keadaan baik ketika mesin dalam keadaan hidup.

Itulah standard operational procedure (SOP) atau cara menyalakan genset yang benar dan aman agar mesin genset Anda dapat beroperasi secara maksimal dan juga awet tahan lama. Maka dari itu pastikan anda membeli genset dengan mendapatkan buku paduan dan pengarahan dari tenaga ahlinya yang bersertifikat. Pelayanan purna jual genset juga sangat penting seperti di ABC Power Anda akan mendapatkan mendapatkan pengarahan dan konsultasi dari ahlinya, pelayanan purna jual dan garansi resmi dalam jangka waktu yang cukup lama selama 2 tahun atau 2000 jam dengan perlindungan terbaik di Indonesia.

Ada banyak pilihan merek genset yang bisa Anda pilih mulai dari genset Perkins, Cummins, MTU, Foton, Lovol, Doosan, Yanmar, Mitsubishi, Stamford, Leroy Somer dan masih banyak lagi dengan spare part yang ready stock dengan tenaga ahli yang handal dan tersertifikasi resmi. Bukan hanya bisa membeli, Anda juga bisa sewa genset dengan harga genset murah sesuai dengan kapasitas dan merek yang Anda butuhkan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyalakan genset. Tanyakan secara lengkap dengan product specialist ABC Power yang akan berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan harga genset terbaik untuk Anda secara gratis dan tanpa komitmen apapun.  ABC Power memproduksi dan mendistribusikan diesel genset dengan garansi 150% money back jika produk terbukti tidak orisinil atau baru. Tunggu apalagi? Temukan genset kebutuhan Anda dengan menghubungi ke nomor telepon 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga.

Write a Reply or Comment