Cara Merawat Genset Agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama

Genset merupakan salah satu kebutuhan yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia sekarang ini. Genset adalah alat yang memiliki fungsi menghasilkan daya listrik. Biasanya genset digunakan pada saat terjadi pemadaman atau gangguan listrik agar supply listrik tetap tersedia. Genset mempunyai jenis, ukuran dan kapasitas berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Sekarang ini tidak sulit untuk mendapatkan genset, banyak toko online dan offline yang menyediakan jasa sewa genset dan jual genset. Harga genset pun bermacam-macam tergantung ukuran dan kapasitasnya, dari mulai harga mahal sampai genset murah dengan kualitas yang terbaik.

Dalam pemakaiannya pun, genset tidak digunakan setiap hari hanya pada saat dibutuhkan untuk memberikan supply listrik saja. Meskipun pemakaian genset tidak setiap waktu, genset harus selalu dijaga dan dirawat dengan benar agar pada saat dibutuhkan dapat bekerja dengan baik, selain itu genset akan memiliki umur pemakaian yang lebih lama. Semua jenis genset memerlukan perawatan agar bisa tetap beroperasi dengan baik.

Dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa cara merawat genset dengan benar agar genset memiliki umur pemakaian lebih lama. Berikut beberapa cara merawat genset:

  1. Letakkan genset pada tempat yang aman dan kering

Dalam peletakkan genset kita harus memilih tempat yang tepat dan aman. Pastikan pondasinya kuat dan rata, kering dan jauh dari air, dan tempatnya teduh tidak terkena sinar matahari langsung.

  1. Genset dioperasikan dengan benar

Sebelum pemakaian genset pertama kali pada genset baru dan genset bekas pastikan Anda benar-benar memahami cara pengoperasiannya, bila perlu sebelum itu Anda membaca buku petunjuk terlebih dahulu. Pengoperasian genset yang salah dapat menyebabkan kerusakan dan dapat membahayakan penggunanya.

  1. Dioperasikan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik

Sebaiknya genset diletakkan di area yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Gas yang dikeluarkan genset saat beroperasi dapat mengganggu pernafasan jika terhirup terlalu lama. Selain itu jika tidak ada sirkulasi yang baik dapat menyebabkan mesin genset cepat panas.

  1. Bersihkan genset secara berkala

Jaga kebersihan genset dari debu, kotoran, minyak, dan air yang menempel. Bersihkan juga bagian radiator genset secara teratur agar genset tahan lama dan tidak mudah rusak.

  1. Mengganti spare part yang sudah rusak

Cek keadaan spare part genset, apabila ada yang sudah rusak atau tidak bekerja maksimal segera ganti. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama maka akan mempengaruhi komponen lainnya dan dapat menyebabkan genset tidak bekrja dengan baik.

  1. Mengecek kabel-kabel instrument

Lakukan pengecekkan kabel-kabel secara teratur karena kabel ini termasuk komponen penting pada genset, jika terjadi kerusakan maka genset tidak akan bekerja dengan baik.

  1. Pastikan bahan bakar cukup

Sebelum mengoperasikan genset sebaiknya cek terlebih dahulu apakah bahan bakar yang tersedia cukup atau tidak karena bila genset kehabisan bahan bakar saat pengoperasian dapat menyebabkan genset cepat rusak.

  1. Periksa distilled water pada baterai

Distilled water pada baterai harus diisi ulang, biasanya setelah 2-3 tahun pengguna genset harus mengisi ulang.

  1. Cek oli genset secara berkala

Bila oli sudah terlihat hitam/keruh atau jumlahnya di bawah normal maka Anda harus mengganti oli tersebut. Mengganti oli genset biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

  1. Panaskan genset secara rutin

Mesin genset harus dipanaskan secara rutin 5-10 menit meski tidak sedang digunakan agar sirkulasi pelumasan oli optimal.

Itulah beberapa cara merawat genset agar dapat bekerja secara maksimal dalam waktu lama. Jika Anda membutuhkan genset murah berkualitas hubungi di nomor 021-2255-7715 atau email di sales@abcpowergenset.com.  Abc Power genset menyediakan genset berkualitas dengan harga genset yang bersahabat.

Write a Reply or Comment