Cara Perawatan atau Maintenance Genset Standby

cara perwatan genset ABC Power Genset

Sistem genset standby dirancang dengan baik untuk memberikan perlindungan saat terjadinya pemadaman listrik. Ketika genset mengalami kegagalan dalam beroperasi, maka bisa saja disebabkan oleh perawatan atau maintenance genset yang salah atau lalai. Masalah umum seperti itu sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan maintenance genset secara rutin dengan melakukan beberapa pemeriksaan seperti berikut.

Pemeriksaan umum

Ketika mesin genset menyala, Anda atau operator harus waspada pada masalah mekanin yang dapat menyebabkan kondisi yang tidak aman atau berbahaya. Maka dari itu, ada beberapa bagian yang harus diperiksa secara teratur:

  • Sistem pembuangan: periksa seluruh sistem pembuangan, termasuk exhaust manifold, muffler, dan pipa knalpot. Lalu periksa kebocoran di semua koneksi, las, gasket, dan join, setelah itu pastikan jika di sekitar pipa knalpot tidak mengalami panas yang berlebihan.
  • Sistem bahan bakar: periksa jalur pasokan bahan bakar, jalur balik, filter, dan keretakan atau lecet pada fitting Pastikan jalur pada bahan bakar tidak mengalami gesekan dengan apapun yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi.
  • Sistem listrik DC (Aki): periksa terminal pada baterai starting untuk memastikan koneksi yang bersih dan kencang.
  • Mesin: periksalah level cairan, oli dan suhu radiator secara berkala. Waspadai jika terjadinya kegagalan pembakaran, getaran, asap knalpot yang berlebihan, penurunan kekuatan, atau peningkatkan konsumsi oli atau bahan bakar.
  • Sistem kontrol: periksalah sistem kontrol secara teratur dan pastikan untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal automatic standby (AUTO) saat pengujian dan pemeliharaan selesai (jika menggunakan ATS).

Pemeriksaan pada sistem pelumasan

Dalam maintenance genset, selalu lakukan pemeriksaan level oli mesin pada saat dimatikan. Untuk pembacaan yang akurat pada dipstick mesin, matikan mesin dan tunggulah sekitar 10 menit dengan tujuan untuk memastikan oli di bagian atas mesin mengalir kembali ke dalam bak mesin. Jagalah level oli sedekat mungkin dengan tanda full pada dipstick dengan menambahkan oli yang memiliki kualitas dan merek yang sama. Buanglah oli dan filter bekas dengan benar untuk menghindari kerusakan lingkungan.

Perawatan pada sistem pendingin

Periksalah level cairan pendingin (coolant) dalam keadaan mesin mati pada interval yang ditentukan. Lalu lepaskan tutup radiator setelah mesin didinginkan terlebih dahulu dan jika perlu tambahkan pendingin sampai pada tingkat sekitar ¾ inch bawah seal tutup radiator. Mesin solar memerlukan campuran coolant & air yang seimbang, antibeku dan aditif pendingin.

Periksa juga bagian luar radiator untuk memeriksa apakah terjadi kerusakan. Bersihkan semua kotoran atau benda asing dengan menggunakan sikat lembut atau kain secara hati-hati untuk menghindari kerusakan pada sirip-sirip pendingin.

Perawatan sistem bahan bakar

Kualitas pada bahan bakar solar pada umumnya akan menurun dan rusak dari waktu ke waktu. Maka pentingnya melakukan pemanasan mesin secara rutin dengan memakai habis bahan bakar yang tersimpan pada tanki sebelum rusak. Keringkan filter bahan bakar pada interval yang ditunjukkan pada tabel. Keringkan juga uap air yang terakumulasi dan mengembun pada tangki bahan bakar secara berkala.

Perawatan baterai starting

Baterai yang mulai lemah atau undercharged dapat menyebabkan kegagalan genset standby dalam beroperasi. Maka dari itu, lakukan uji diagnostik secara otomatis setiap kali genset menyala atau dengan menggunakan baterai load tester untuk memverifikasi kondisi setiap baterai starting. Jaga juga kebersihkan baterai dengan menyekanya menggunakan kain lembap ketika kotor.

Pemanasan genset

Lakukan pemanasan genset setidaknya sebulan sekali selama minimal 30 menit dengan load tidak kurang dari sepertiga dari net power genset sesuai yang tertera pada nameplate nya. Periode operasi tanpa load harus diminimalisir karena bahan bakar yang tidak terbakar cenderung terakumulasi dalam sistem pembuangan. Ujilah sistem genset dengan load yang sebenarnya untuk menguji transfer switch otomatis dan memverifikasi kinerja dalam kondisi nyata. Pastikan Anda mengembalikan kontrol genset pada kondisi AUTO pada akhir proses pemanasan genset.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam maintenance genset secara benar. Tanyakan secara lengkap dengan product specialist ABC Power yang akan berkonsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi dan harga genset terbaik untuk Anda secara gratis dan tanpa komitmen apapun. ABC Power memproduksi dan mendistribusikan diesel genset dengan garansi 150% money back jika produk terbukti tidak orisinil atau baru.

ABC Power jual genset dan sewa genset dengan berbagai pilihan daya atau kapasitas yang Anda butuhkan dan juga berbagai pilihan merek seperti genset Perkins, Cummins Doosan, Lovol, PrimeroYanmar dan masih banyak lagi. Tunggu apalagi? Temukan genset kebutuhan Anda dengan menghubungi ke nomor telepon 021-2255-2501 atau melalui email ke sales@abcpowergenset.com sekarang juga

Write a Reply or Comment