Cara Tentukan Size Genset Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Industri

mempertimbangkan ukuran genset sangat penting

Jika Anda pernah membeli genset sebelumnya, Anda pasti sudah tahu betapa rumitnya memilih jenis genset yang tepat. Genset sendiri tersedia dalam segala bentuk dan ukuran, dan mampu memenuhi berbagai  jenis penggunaan. Anda mungkin selama ini terbiasa menggunakan genset rumahan, atau menghubungkan genset portabel, sehingga merasa kesulitan jika kemudian harus memillih genset untuk industri.

Tidak semua genset dibuat sama. Genset yang digunakan sebagai cadangan, atau daya siaga untuk rumah biasa umumnya lebih kecil, portabel, dan dapat mengatasi kebutuhan daya ringan hingga sedang yang dibutuhkan rumah Anda. Genset komersial, di sisi lain, dirancang untuk memberi daya penuh pada bisnis atau situs komersial selama kehilangan daya, dan untuk berjalan secara terus-menerus dan tanpa batas waktu hingga daya tersebut pulih.

Genset ini termasuk jenis yang bisa beroperasi secara otomatis, yang berarti bahwa genset akan bekerja secara otomatis ketika daya padam, dan mati dengan sendirinya ketika sumber listrik utama menyala. Hal in meminimalisir kemungkinan di mana komputer Anda, lemari es, mesin, dll, akan berhenti beroperasi. Berbeda pula dari genset residensial, genset komersial biasanya mencakup regulator tegangan otomatis, yang memastikan tegangan terkontrol secara terus-menerus (mencegah lonjakan dan penurunan daya yang dapat merusak peralatan atau menghentikan operasi).

Memilih genset dengan ukuran yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda adalah bagian terpenting dari keputusan Anda. Meremehkan kebutuhan daya industri tidak hanya dapat memperlambat atau menghentikan operasional, namun juga dapat merusak peralatan penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

Tegangan Dip

Peralatan yang berbeda memiliki toleransi yang berbeda untuk penurunan tegangan, dan beban awal motor listrik dapat mencapai enam kali lipat dari beban kerjanya. Karena beban awal tersebut dapat memengaruhi sistem regulator genset Anda dengan mengurangi tegangan yang tersedia, Anda memerlukan genset yang cukup besar untuk menangani penurunan tegangan maksimum yang diijinkan. Anda harus berkonsultasi dengan ahlinya untuk menentukan seberapa besar tegangan input yang diperbolehkan.

Frekuensi dip

Genset memiliki frekuensi nominal (60Hz di Amerika Utara). Tetapi, beban yang sangat berat, terutama saat start up, dapat mengurangi kecepatan engine, memengaruhi frekuensi itu. Penurunan kecepatan dan frekuensi transien maksimum dari apa yang dapat ditangani oleh sistem, keduanya harus diperhitungkan.

Ambien

Setiap mesin pembakaran membutuhkan sejumlah udara untuk berfungsi dengan baik. Ketinggian, kelembaban, dan rentang suhu Anda semua akan mempengaruhi seberapa baik (atau buruknya) genset Anda beroperasi. Anda bisa membaca panduan panduan untuk mengetahui berapa persentase pengurangan daya yang dapat Anda harapkan ketika kondisi sekitar melebihi nilai normal.

Aplikasi

Genset terdiri dari beberapa jenis, ada yang selalu disiagakan ada pula yang hanya dipakai jika dibutuhkan. Anda perlu mempertimbangkan juga genset jenis apa yang perlu dibeli, sebab harga genset tentu berbeda tergantung pada kekuatan dan daya tahan performanya. Untuk mendapatkan genset berkualitas, pastikan juga mengetahui besarnya kebutuhan dari tempat industri Anda.

Saat ini mencari genset yang tepat untuk industri sudah lebih mudah karena ada ABC Power Genset. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai genset berkualitas seperti genset Lovol, genset Cummins, dan juga genset Perkins. Setiap jenis genset memiliki kelebihan masing-masing yang  bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki untuk membelinya.

Write a Reply or Comment