Dampak Dari Pemadaman Listrik dan Solusinya

Listrik merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Listrik banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan baik di kantor, perdagangan, restoran, rumah maupun kegiatan lainnya. Ketika ketersediaan daya listrik berkurang maka sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir. Pemadaman secara bergilir ini pastinya sudah banyak dialami oleh siapa pun dan memberikan dampak pada pengguna apalagi pemadaman terjadi tanpa adanya informasi sebelumnya.

Berikut dampak pemadaman listrik yang dirasakan para penggunanya:

  • Terlambatnya laju informasi

Informasi yang biasanya didapatkan secara cepat melalui elektronik handphone, televisi atau radio akan sulit didapatkan jika berada dalam keadaan mati listrik. Informasi yang didapatkan hanya bisa diperoleh dari tetangga atau masyarakat sekitar.

  • Terbengkalainya pekerjaan rumah

Pekerjaan rumah yang dikerjakan sehari-hari menjadi terbengkalai seperti memasak, mencuci, menyetrika, dan lain sebagainya yang biasanya menggunakan listrik dan harus dilakukan secara manual.

  • Banyak pengeluaran tak terduga

Anda harus berbelanja atau membeli barang-barang yang dibutuhkan karena alat-alat elektronik seperti kulkas, rice cooker atau alat elektronik lainnya yang biasa dipakai untuk membantu pekerjaan atau memenuhi kebutuhan Anda tidak dapat digunakan tanpa adanya listrik.

  • Tidak adanya hiburan

Pemadaman listrik menyebabkan televisi atau radio yang biasa dijadikan sumber hiburan utama dalam kehidupan sehari-hari Anda tidak dapat digunakan.

  • Meningkatnya risiko tindakan kriminalitas

Disaat listrik padam, otomatis cahaya yang ada akan sangat minim dengan hanya cahaya bantuan dari lilin, lampu semprong atau senter. Dengan keadaan seperti itu, para penjahat akan lebih mudah melakukan tindakan kejahatan dengan menyusup ke rumah warga atau ke kantor dengan kondisi cctv yang tidak menyala.

  • Pekerjaan di kantor menumpuk

Jika pekerjaan Anda mengandalkan peralatan elektronik seperti laptop maka pekerjaan Anda otomatis jadi menumpuk dan tidak dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

Itulah dampak umum dari pemadaman listrik yang terjadi baik di rumah, kantor atau tempat lainnya. Sebenarnya dampak dari pemadaman listrik bisa diminimalisir jika Anda memiliki sumber energi listrik seperti genset (generator set). Genset merupakan mesin yang dapat mengubah energi mekanis menjadi energi listrik melalui induksi elektromagnetik. Arus yang dihasilkan genset yaitu arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC) dan keduanya dapat digunakan untuk penerangan.

Genset akan membutuhkan waktu kurang lebh dari 20 detik untuk menyalakan kembali listrik yang padam. Di dalam genset terdapat AVR (Automatic Voltage Regulator) yang memuat MT (Mutual Reactor) yaitu sejenis trafo CT (Current Transformer) yang menghasilkan arus listrik berdasarkan besar arus beban yang melaluinya.

Lalu pada saat gangguan atau pemadaman listrik berakhir, ATS (Automatic Transfer Switch) yaitu switch otomatis pada genset memindahkan power supply ke PLN dilakukan tanpa pemadaman terlebih dahulu sehingga tidak menggangu pengguna dan otomatis genset mati dalam waktu kurang lebih 5 detik.

Dengan menggunakan genset, Anda akan merasa lebih aman dan nyaman tanpa harus khawatir merasakan dampak akibat pemadaman listrik yang bisa terjadi kapan saja. Dapatkan genset orisinil, berkualitas dan bergaransi dari ABC Power Genset. ABC Power merupakan distributor dan jual genset dari daya 8 hingga 3000KVA dengan sangat baik dan percaya. Harga genset yang ditawarkan pun sangat beragam dan terjangkau tergantung dari kapasitas yang Anda butuhkan.

Bukan hanya bisa mendapatkan harga genset murah saja, tetapi Anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai spesifikasi, instalansi, rekomendasi yang terbaik tanpa dipungut biaya. Untuk Anda yang hanya memerlukan genset untuk keperluan atau acara yang bersifat sementara saja, Anda bisa sewa genset di ABC Power baik harian, mingguan atau bulanan. Kini listrik mati tak lagi jadi hambatan dengan ABC Power Genset.

Write a Reply or Comment