Data Center Down Saat Genset Terkunci Saat Upgrade Kapasitas Listrik

merawat genset silent

Di awal bulan Oktober lalu, perusahaan pusat data Internet Data Center Indonesia sempat down selama 4 jam. Down tersebut berawal pada pukul 2 siang, ketika perusahaan tersebut melakukan upgrade kapasitas listrik, yang menyebabkan aliran listrik harus dimatikan terlebih dahulu. Hal ini sudah pernah terjadi sebelumnya, dan biasanya pasokan listrik disediakan oleh genset yang ada di perusahaan yang terletak di Duren Tiga, Jakarta Selatan tersebut. Namun pada saat itu, entah mengapa salah satu genset terkunci sehingga menyebabkan genset tidak bisa dioperasikan.

Akibatnya, IDC mengalami down yang membuat beberapa situs besar di Indonesia tidak bisa diakses. Proses upgrade listrik itu sendiri sudah dikabarkan sejak pukul 10 pagi. Pada awalnya, kapasitas listrik yang dimiliki oleh IDC adalah 2 megawatt, dan akan ditingkatkan lebih tinggi lagi. Upgrade sendiri diperkirakan sudah selesai pada pukul 4 sore. Dan untuk menggantikan energi listrik sementara, dibutuhkan 2 buah genset dengan total daya 2 megawatt. Kedua genset tersebut sudah sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan listrik selama ada proses upgrade.

Namun yang tidak disangka, satu genset tiba-tiba terkunci atau menunjukkan staus lock saat dilihat dari sistem pengoperasian IDC. Hal tersebut sontak membuat daya sebesar 1  megawatt tidak bisa digunakan, sehingga hanya ada 1 megawatt yang berasal dari 1 genset saja yang bekerja. Hal tersebut jelas membuat sistem data menjadi down seketika, dan kebanyakan situs dari klien IDC sendiri baru bisa kembali pada jam 8 malam.

IDC mengakui ini adalah pertama kalinya mereka mengalami masalah data down dikarenakan genset yang terkunci. Padahal sebelumnya mereka sama sekali tidak pernah menghadapi masalah tersebut. IDC pun meminta maaf kepada para pengguna jasa mereka dikarenakan ketidaknyamanan yang dirasakan akibat data down tersebut.

Pengoperasian genset adalah hal yang sangat penting

Dari hal tersebut, kita bisa memetika pelajaran bahwa pengoperasian genset menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab jika ada kekeliruan dalam pengoperasian, maka genset jadi tidak bisa digunakan. Kalau ada situasi darurat di mana energi listrik sangat dibutuhkan, tentu hal tersebut menjadi kesalahan yang cukup fatal. Lalu apa saja hal yang perlu dilakukan untuk menjadikan genset bisa selalu bekerja dengan maksimal?

Pertama, Anda harus selalu memastikan bahwa kapasitas dari genset tersebut cukup untuk menanggung seluruh beban yang ada. Jika kapasitas genset tidak mencukupi, maka bisa jadi genset mudah rusak dan tidak akan awet karena dipaksa memenuhi aliran listrik yang lebih besar dari kemampuannya. Selain itu, penempatan genset juga perlu diperhatikan. Genset baiknya diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena akan membuat mesinnya lekas panas. Pastikan juga pondasi genset sangat kokoh dan rata sehingga pergerakan genset bisa lebih stabil.

Pengisian bahan bakar genset juga perlu diperhatikan. Ada baiknya Anda membeli langsung bahan bakarnya di Pertamina dan bukan menggunakan bahan bakar eceran yang kualitasnya diragukan. Kualitas bahan bakar yang buruk juga bisa membuat mesin lebih mudah rusak dan Anda jadi harus sering mengganti sparepartnya yang tentu akan membutuhkan biaya lebih.

Kalau Anda ingin mendapatkan harga genset murah, pilihlah produk buatan dalam negeri yaitu ABC Power. Cari tempat yang jual genset ABC Power di sekitar Anda sekarang juga!

Write a Reply or Comment