Di Mana Tempat Terbaik Untuk Memasang Genset?

genset perkins dari ABC Power
ilustrasi

Genset Perkins Murah – Genset merupakan mesin yang bekerja dengan bahan bakar untuk menghasilkan panas yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Tidak heranjika ada banyak resiko dalam penggunaan genset jika Anda tidak mengetahui cara pengoperasiannya dengan baik. Salah satu hal mendasar yang sering diabaikan oleh pengguna adalah mengenai lokasi pemasangan genset. Tempat terbaik untuk memasang genset adalah di luar ruangan. Ada banyak alasan mengapa genset seharusnya dipasang di luar ruangan.

Pertama, genset menghasilkan asap hasil pembakaran yangmengandung gas karbon monoksida. Gas ini sendiri bisa menyebabkan keracunan dan bahkan kematian. Anda bisa bayangkan sendiri apa yang terjadi jika seandainy agenset diletakkan di dalam ruangan, di mana asap akan mengepul dan bisaterhirup oleh orang yang berada di ruangan tersebut. Maka dari itu, genset sebaiknya memang dipasang di luar ruangan, di mana udara bisa bergerak dengan bebas. Namun dalam hal ini ada pula beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dalam pemasangan genset di luar ruangan.

Pertama, letakkan genset terpisah dari bangunan utama,terutama genset dengan daya yang tinggi. Hal ini dikarenakan jika sewaktu-waktu terjadi ledakan, maka tidak akan merambat ke bangunan lainnya. Tapi bukan berarti juga Anda bisa meletakkan genset di area terbuka tanpa perlindungan apapun. Body genset bisa berkarat jika terkena hujan dan panas matahari dalam waktu yang lama. Maka dari itu, sebaiknya Anda membangun pondok kecil di mana terdapat atap yang akan melindungi genset dari panas maupun hujan.

Kemudian, tempat yang ideal untuk memasang genset adalah tempat yang cukup jauh dari pemukiman atau ruangan yang penuh orang. Sebab genset sendiri mengeluarkan suara yang cukup keras pada saat proses pembakarannya. Sehingga jika genset diletakkan berdekatan dengan tempat yang penuh orang, sudah jelas suaranya akan sangat mengganggu dan memekak kantelinga. Kecuali untuk lokasi pabrik, biasanya memang tidak memungkinkan untuk meletakkan genset terlalu jauh. Dan biasanya juga para pekerja sudah terbiasa dengan suara keras genset yang berbunyi sepanjang waktu.

Genset sebaiknya juga tidak diletakkan di dekat tempat sumber air. Sebab pecikan air bisa menyebabkan korsleting pada genset yang akan memicu timbulnya kebakaran. Selain itu, paparan air terhadap body genset jugaakan menyebabkan karat yang menggerogotinya. Jika terus dibiarkan, body genset akan penuh lubang dan akhirnya rapuh sehingga mesin di dalam genset menjadi tidak terlindungi. Anda orang yang berpikir untuk meletakkan genset di dekat sumber air agar mudah memadamkan api jika terjadi ledakan.

Hal ini memang ada benarnya, namun hanya boleh dilakukan jika sehari-hari sumber air tersebut tidak digunakan. Kalau memang Anda ingin mencegah terjadinya kebakaran tanpa meletakkan genset dengan sumber api, Anda bisa memasang alat pemadam kebakaran di sekitar lokasi genset. Hal ini sangat disarankan dan menjadi salah satu standar pengoperasian genset yang disarankan.Kalau Anda melakukan semuanya sesuai panduan, dijamin tidak akan ada masalah apapun dengan genset yang dimiliki.

Write a Reply or Comment