Hal Mengerikan Ini Akan Terjadi Di Rumah Sakit Jika Tak Ada Genset

apa yang terjadi jika rumah sakit tidak ada genset?

Pasti sudah banyak dari Anda yang sering mengalami mati listrik. Ya, hal ini memang sesuatu yang biasa dan sudah sering dialami semua orang. Tapi berbeda halnya kalau hal ini terjadi di rumah sakit. Sebab di rumah sakit ada banyak sekali alat penting yang menyokong nyawa manusia, dan hanya bisa menyala jika ada energi listrik. Jika terjadi mati listrik dan tidak ada energi penyokong yang dihasilkan oleh genset, maka ada banyak hal mengerikan yang akan terjadi.

Yang pertama, misalnya saja pada inkubator. Inkubator sendiri adalah alat yang digunakan untuk menginkubasi atau ‘mengerami’ bayi. Sebenarnya, bayi yang lahir normal tidak membutuhkan inkubator karena mereka sudah cukup diinkubasi di dalam rahim sang ibu. Namun pada kasus khusus di mana bayi lahir prematur atau kurang dari 9 bulan, maka bayi harus dimasukkan ke dalam inkubator supaya merasa hangat. Coba bayangkan apa yang terjadi saat mati listrik dan tak ada genset pada bayi-bayi yang ada di dalam inkubator? Kemungkinan untuk mengalami gangguan kesehatan tentu sangatlah besar.

Alat lain yang juga sangat berperan penting di rumah sakit dan tak bisa bekerja tanpa adanya listrik adalah infant warmer. Seperti namanya, infant warmer merupakan alat yang digunakan untuk menghangatkan bayi. Kalau inkubator banyak digunakan pada bayi yang mengalami masalah medis, infant warnmer ini dipakai untuk bayi baru lahir yang belum bisa menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan barunya. Alat satu ini juga hanya bisa bekerja dengan adanya tenaga listrik.

Selain kedua alat tersebut, ada juga regulator oksigen yang bekerja dengan bantuan listrik. Regulator oksigen ini bekerja untuk mengatur aliran oksigen dari tabung oksigen ke hidung pasien. Mengapa aliran oksigen pasien harus dikontrol sedemikian rupa? Sebab ada pasien yang mengalami kondisi tertentu dan membutuhkan asupan oksigen dengan jumlah tertentu. Kalau regulator oksigen ini mati, maka aliran oksigen ke pasien juga akan terhenti. Terbayang bukan seperti apa efek buruknya jika pasien tidak mendapatkan oksigen yang sangat dibutuhkannya?

Selanjutnya ada suction pump atau yang dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan alat penyedot. Suction pump ini berfungsi untuk menyedot cairan yang ada di dalam tubuh manusia yang jika dibiarkan bisa berakibat fatal. Misalnya saja, paru-paru yang terendam cairan entah itu berupa darah atau nanah, tidak akan bisa memompa udara dengan baik. Maka dari itu cairan yang ada di paru-paru harus dikeluarkan dengan alat penyedot ini. Lalu bagaimana jika di tengah proses penyedotan tiba-tiba terjadi mati listrik dan tak ada genset? Jelas nyawa pasien yang menjadi taruhannya.

Alat lain yang berkesan sepele tapi sebenarnya sangat penting di rumah sakit adalah lampu operasi. Lampu ini dibutuhkan untuk menerangi bagian tubuh pasien yang sedang dibedah. Kalau di tengah proses bedah tiba-tiba lampu mati, maka dokter akan kesulitan melakukan tindakan selanjutnya. Padahal dengan kondisi tubuh yang tengah terbuka, pasien tentu tidak akan bisa bertahan lama. Karena itu genset sangat penting sekali untuk dimiliki oleh setiap rumah sakit yang ada.

Biasanya, untuk rumah sakit menggunakan genset heavy duty alias yang bisa bekerja dengan berat seperti genset Cummins. Genset asal Amerika Serikat ini sudah banyak diandalkan untuk menyokong energi bangunan-bangunan besar di Indonesia. Sparepart genset Cummins ini pun bisa didapatkan dengan mudah.

Write a Reply or Comment