Anggota DPR Berikan Bantuan Genset Untuk Masjid Sumilir

genset yang diberikan oleh DPR di kabupaten Pekalongan

Sudah merupakan tugas dari anggota DPR untuk memastikan masyarakat yang diwakilinya bisa hidup dengan nyaman dan tercukupi segala kebutuhannya. Hal inilah yang melatarbelakangi aksi Bisri Romly, seorang anggota DPR dari Fraksi PKB yang bertugas di daerah Kabupaten Pekalongan, Pemalang Batang, dan juga Kota Pekalongan. Pada awal Maret lalu, Bisri Romly memberikan sumbangan alat kelengkapan listrik berpa genset kepada pengurus masjid Sumilir yang terletak di desa Sengare, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.

Bisri Romly menegaskan, genset dijadikan pilihan karena sangat bermanfaat untuk pencahayaan di masjid saat hari sudah gelap. Maklum saja, di masjid tersebut pasokan listriknya juga cukup terbatas sehingga masyarakat kurang nyaman saat beribadah di malam hari atau di pagi buta. Dengan adanya genset tersebut, kini masyarakat bisa beribadah dengan lebih baik. Selain itu, di masjid Sumilir genset juga sangat dibutuhkan untuk mengumandangkan azan saat tiba waktu solat. Ketika terjadi pemadaman listrik, tentu masjid kesulitan mengumandangkan azan sehingga genset memang sangat dibutuhkan untuk memastikan semua hal bisa berjalan dengan lancar.

Bisri Romly menyebutkan bahwa bantuan genset yang ia berikan merupakan salah satu bentuk dari memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah. Bisri Romly pun berharap jika bantuan yang diberikannya tersebut bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Bantuan ini juga sebagai bentuk pertolongan sementara sebelum disahkannya RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang digagas oleh PKB. Kalau nantinya RUU tersebut sudah disetujui dan disahkan, maka akan ada alokasi dana khusus bagi pondok pesantren, taman pendidikan Al Quran, dan juga madrasah yang ada di seluruh Indonesia.

Pentingnya Genset untuk fasilitas ibadah masjid

Genset sendiri hingga saat ini memang menjadi satu-satunya alat penyelamat untuk aktivitas ibadah di masjid jika terjadi pemadaman listrik. Dengan adanya genset, kegiatan ibadah bisa tetap dilaksanakan dengan nyaman. Selain itu, genset juga berfungsi untuk memastikan lampu di dalam masjid tetap menyala sehingga anak-anak yang belajar mengaji bisa tetap melakukan aktivitasnya. Warga sekitar yang berkegiatan di dalam masjid pun bisa lebih nyaman beraktivitas hingga malam hari.

Apabila sebuah masjid menggunakan pompa air, genset otomatis juga sangat dibutuhkan ketika terjadi pemadaman. Tanpa adanya genset, masyarakat tidak akan bisa mengambil air wudhu di masjid maupun mushola. Tak hanya itu saja, proses membersihkan masjid juga jadi terganggu jika sampai terjadi pemadaman dan tak ada air yang bisa digunakan untuk mengepel lantai. Air di dalam masjid juga sangat dibutuhkan untuk berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan kebersihan masjid.

Nah, genset ini juga sangat berguna untuk mengumumkan sesuatu seperti berita kematian yang biasanya memang dilakukan melalui masjid. Apabila terjadi pemadaman listrik dan tidak ada genset, maka berita semacam ini tidak akan bisa tersampaikan dengan baik. Apalagi masjid juga harus mengumandangkan azan 5 kali sehari dan pemadaman listrik tidak bisa ditebak kapan terjadinya. Maka dari itu, genset memang sangat dibutuhkan di tempat ibadah seperti masjid.

Untuk memilih genset bagi masjid tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda bisa memilih genset dengan kapasitas yang sesuai dan tentunya mempertimbangkan juga harga genset yang akan dibeli. Ada banyak sekali genset berkualitas yang bisa Anda jajal seperti genset Cummins. Dengan mesin terbai, genset ini bisa digunakan sampai waktu yang sangat lama.

Write a Reply or Comment