Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dalam Merawat Genset

Genset atau generator listrik adalah sebuah alat yang digunakan untuk antisipasi ketika listrik padam. Untuk event-event besar tertentu seperti konser musik, bazaar, atau pesta pernikahan, umumnya menggunakan listrik untuk menjaga supaya listrik tetap menyala meskipun dalam keadaan padam.

Dalam penggunaan genset ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tetap aman digunakan dan terhindar dari kerusakan. Anda tentunya tidak ingin repot bolak-balik  ke tempat service genset 24 jam bukan?

Berikut adalah tips sederhana perawatan genset yang aman agar tidak mudah rusak.

 

  1. Tempatkan Genset di Lokasi yang Tepat

Letakkan genset di lokasi yang kering, jauh dari genangan air.  Hindari kontak langsung dengan hujan atau salju.

Dikhawatirkan terjadi sengatan listrik yang dapat membahayakan karena air adalah konduktor yang baik.

Pastikan asap knalpot genset tidak masuk rumah, karena genset portable menggunakan mesin pembakaran internal yang memancarkan karbon monoksida. Tentunya dapat membahayakan jika Anda tidak berhati-hati menempatkannya.

Sebaiknya, genset diletakkan di bawah kanopi, gudang terbuka, atau carport.

 

  1. Cek Air Radiator

Agar kinerja genset tetap berfungsi dengan baik, cek selalu ketersediaan air radiator. Jangan biarkan air radiator mengering sampai habis karena akan membuat genset cepat rusak. Jika air radiator mengering, maka akan memperburuk kondisi dan kinerja genset menjadi tidak maksimal.

 

  1. Menjaga Kebersihan

Genset harus terhindar dari kotoran yang membandel. Jangan sampai kotoran menumpuk hingga menjadi kerak.

Bagaimanapun Genset harus rutin dibersihkan untuk menghindari kerusakan. Jagalah selalu kebersihan genset agar fungsinya tetap berjalan dengan baik.

 

  1. Baca Petunjuk Penggunaan

Sebelum mengoperasikan genset, sebaiknya Anda membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu agar mudah memastikan apakah penggunaan genset sudah benar atau sebaliknya.

Sehingga apabila terjadi kerusakan bukan menjadi kesalahan Anda, dan garansi masih dapat berlaku pada genset yang rusak.

 

  1. Ganti Spare Part yang Rusak

Selama kurun waktu tertentu, kualitas komponen genset pastinya akan berubah. Seperti tubuh manusia, semakin tua harus rajin dirawat.

Jika spare part genset berubah usang dan kurang layak pakai, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru. Spare part yang tidak layak atau sudah aus akan menyebabkan kerusakan permanen pada genset.

 

Write a Reply or Comment