Mengenal ATS dan AMF Dalam Fitur Genset Diesel

fitur genset diesel

Saat terjadi pemadaman arus listrik oleh PLN, biasanya masyarakat akan menggunakan mesin genset untuk menghidupkan kembali lampu dan peralatan listrik lainnya di dalam rumah. Tapi tentu tidak semua orang tahu tentang bagaimana penggunaan genset ini dengan benar. Mau genset murah diesel atau pun yang mahal, hampir semuanya memiliki pengaturan yang sama. Berikut ini beberapa fitur di genset yang sedikit banyak harus diketahui agar nanti bisa mengoperasikannya dengan baik dan benar.

Panel ATS (Automatic Transfer Switch)

Panel ATS ini adalah singkatan dari Automatic Transfer Switch yaitu modul rangkaian elektrik yang berfungsi sebagai saklar yang bisa beroperasi secara otomatis saat terjadi pemutusan arus listrik dari PLN secara mendadak. Panel ATS ini nantinya akan bekerja memindahkan sumber listrik yang awalnya dari PLN menjadi mesin genset diesel. Jadi sumber listrik dari genset akan bertukar secara otomatis tanpa harus dilakukan secara manual oleh  manusia. Ini juga nantinya berlaku saat listrik akan diganti sumbernya ke PLN. Saat listrik dari aliran PLN menyala, maka secara otomatis panel ini akan mengganti alirannya. Genset akan berhenti bekerja tanpa harus ditangani oleh dioperasikan secara manual.

AMF (Automatic Main Failure)

Automatic Main Failure atau yang disingkat dengan AMF adalah panel yang berupa rangkaian elektrik yang akan bekerja otomatis untuk mematikan dan menghidupkan genset secara mandiri tanpa ada campur tangan manusia dalam pengoperasiannya. Panel jenis ini memungkinkan jika PLN mati maka panel AMF akan langsung menyalakan genset secara otomatis dan mengalirkan arus listrik. Ini juga berfungsi sebaliknya jika listrik PLN telah menyala kembali maka secara otomatis panel AMF ini akan memutus aliran listrik lalu mematikan mesin genset.  Panel ini nggak cuma ada di genset murah diesel saja, tapi juga beberapa jenis genset lainnya.

Panel Sinkronisasi

Panel sinkronisasi yanga da di genset murah diesel ini bisa difungsikan untuk mensinkronisasikan kinerja lebih dari 2 unit genset atau lebih. Panel ini nantinya bisa digunakan jika terjadi load variasi yang cukup besar dan pemakaian genset yang terus menerus tanpa henti. Jika load bervariasi, maka tentunya akan terlalu boros jika hanya menggunakan satu genset saja. Jadi pada penerapannya, ini akan menghemat penggunaan listrik lewat genset karena adanya panel sinkronisasi.

Panel ATS AMF

Dari namanya kita akan tahu bahwa panel ini adalah gabungan dari panel ATS (Automatic Transfer Switch) dan juga panel AMF (Automatic Manual Failure). Berarti panel ini adalah gabungan dari dua panel sebelumnya yang bisa digunakan untuk mengubah jalur listrik secara otomatis dari PLN ke aliran listrik dari genset, serta mematikan genset jika aliran listrik dari PLN telah menyala kembali. Tentu ini adalah keunggulan yang bisa didapat dari genset diesel dengan fitur yang lebih lengkap. Kamu juga bisa lebih leluasa dalam mengendalikan genset saat diperlukan dengan beragam panel pendukung yang telah disertakan dalam fitur genset diesel ini. Jika belum bisa membelinya, kamu masih bisa mencari sewa genset murah untuk mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan fitur-fitur yang diberikan memang aman dan memberikan kenyamanan saat penggunaannya.

Jual Genset – Memang jenis panel-panel di atas nggak semua disertakan dalam genset diesel murah, mengingat fitur tersebut juga disediakan dengan biaya yang lebih mahal agar fitur yang disediakan semakin maksimal.

Write a Reply or Comment