Gangguan yang Sering Terjadi pada Genset

genset ABC power tes commisioning

Generator set atau genset pasti sudah tidak asing lagi bagi kita semua karena genset merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari. Penggunaan alat-alat yang sebagian besar sumber energinya berasal dari listrik membuat gennset sangat dibutuhkan pada saat terjadi gangguan atau pemadaman listrik. Untuk mendapatkan genset sekarang ini sangatlah mudah, jasa jual genset bahkan sewa genset banyak di pasaran. Harga genset di pasaran beragam tergantung dari kapasitas dan merek yang dipilih, jika pintar memilih Anda akan mendapatkan genset murah berkualitas. Kapasitas genset yang ditawarkan biasanya berkisar dari 5kVA sampai lebih dari 10.000kVA, pemilihan kapasitas ini disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Untuk sewa genset biasanya yang ditawarkan adalah sewa harian, mingguan, dan bulanan.

Bila sudah memiliki genset di rumah atau di perusahaan jangan lupa untuk selalu merawatnya secara benar dan teratur. Perawatan terhadap genset sangat mempengaruhi kinerja dan keawetan genset trsebut. Biasanya genset yang berada di rumah tangga  lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan yang ada di perusahaan atau pabrik. Genset yang dipakai di perusahaan atau pabrik memiliki tim khusus ahli yang bertugas melakukan perawatan genset karena mesin gensetnya lebih besar dan lebih banyak komponen yang harus dijaga dan dibersihkan.

Adakalanya mesin genset mengalami gangguan dalam pemakaiannya, bila terjadi gangguan dan Anda tidak tahu cara memperbaikinya sebaiknya meminta tolong kepada orang yang paham atau ahli genset. Berbagai gangguan yang mungkin terjadi pada saat menggunakan genset dan solusinya, antara lain.

1. Gangguan penggerak awal

Pada saat terjadi gangguan ini, maka ada daya balik pada kumparan stator sehingga perlu dilengkapi dengan Reverse Power Relay yang merupakan alat untuk mendeteksi arah aliran daya yang biasanya digunakan untuk memonitor daya pada genserator yang beroperasi, nantinya relay ini mencegah kondisi berbalik arah aliran daya sehingga mengalir dari listik PLN ke Generator.

2. Gangguan arus lebih

Gangguan ini seering terjadi karena adanya hubungan singkat atau adanya beban lebih. Generator sebenarnya sudah dilengkapi alat untuk bertahan terhadap arus lebih tetapi toleransi waktunya hanya sebentar maka dari itu tetap diperlukan pengaman terhadap arus lebih agar terhindar dari Over Current Relay (arus lebih yang berkepanjangan).

3. Gangguan hilang penguatan

Gangguan ini dapat mengakibatkan kinerja generator terganggu, agar generator bisa bekerja dengan baik perlu ditambahkan pengaman terhadap hilang penguatan (Loss of Field Relay).

4. Gangguan putaran lebih

Gangguan ini disebabkan karena adanya pnurunan beban yang mendadak. Meskipun pada generator sudah dilengkapi perangkat governor yang berfungsi untuk mengatur dan menutuo katup darurat saat terjadi pelepasan beban, tetapi generator peerlu dilengkapi pengaman putaran lebih yang dapat memberikan sinyal triping pada pemutus tenaga (Over Speed Relay)

5. Gangguan Ketidakseimbangan beban

Ketidakseimbangan beban ini biasanya disebabkan adanya kebocoran atau hubungan singkat penghantar ketanah atau antar penghantar dan juga dapat disebabkan adanya beban tidak seimbang pada tiga fase generator. Pada saat terjadi gangguan ini terdapat arus urutan negative yang mengalir pada penghantar bernilai nol, oleh karena itu pada generator harus dipasang Neutral Ground Relay untuk menetralkan kembali tegangan.

            Demikian beberapa gangguan yang mungkin terjadi pada generator dan solusinya. Sebelum terjadi gangguan atau kerusakan sebaiknya dilakukan perawatan secara berkala. Jika membutuhkan suku cadang genset, Anda bisa membuka web www.abcpowergenset.com. Selain suku cadang lengkap  Anda juga dapat menemukan genset murah berkualitas. Selain jual genset, di sini juga melayani sewa genset harian, sewa genset mingguan, dan sewa genset bulanan. Untuk informasi lebih lanjut hubungi di nomor 021-2255-7715 atau email di sales@abcpowergenset.com.  ABC Power genset menyediakan genset berkualitas dengan harga genset murah yang bersahabat.

Write a Reply or Comment